get app
inews
Aa Read Next : Sejarah dan Biografi RA Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia yang Menginspirasi

Kisah Ratu Kalinyamat Dapat Bisikan Gaib Tinggalkan Pertapaan di Pegunungan Danaraja Jepara

Rabu, 24 Januari 2024 | 11:59 WIB
header img
Ratu Kalinyamat, pahlawan nasional asal Jepara, Jawa Tengah. (IST)

JEPARA, iNewsSemarang.id - Kesultanan Demak dilanda konflik internal pasca-pembunuhan Sultan Trenggono dan suami dari Ratu Kalinyamat. Aktornya antara Arya Penangsang, yang tak lain juga penguasa Jipang, sekaligus tercatat penguasa Demak kelima. 

Drama pembunuhan dan balas dendam kental keberhasilan Arya Penangsang membunuh beberapa keluarga dekat Sultan Trenggono. Ratu Kalinyamat penguasa Jepara, yang juga anak Sultan Trenggono pun bereaksi dengan ulah Arya Penangsang. 

Ratu Kalinyamat yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional pemerintah Indonesia pada November 2023 lalu pun, menaruh dendam kepada Arya Penangsang. Apalagi Sultan Hadirin, suami Ratu Kalinyamat pun terbunuh di tangan Arya Penangsang. 

Sang ratu Jepara itu pun mencoba mencari cara menghabisi Arya Penangsang, dengan meminta petunjuk melalui bertapa. Sang ratu bertapa di pegunungan Danaraja, di wilayah Jepara bagian utara. 

Ratu Kalinyamat bersumpah bahwa dirinya akan bertapa dan tidak akan keluar dari pertapaannya, sampai dendamnya terhadap Arya Penangsang terpenuhi. Sang Ratu bersumpah, dirinya akan terus bertapa sampai bisa menginjak-injak kepalanya Arya Penangsang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut