get app
inews
Aa Read Next : Puskud Mina Baruna Deklarasi Dukung Ahmad Luthfi sebagai Calon Gubernur Jateng

Cegah Polusi Udara, PMI Kota Semarang Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan

Senin, 05 Februari 2024 | 17:43 WIB
header img
Coffee Morning PMI Kota Semarang bersama mitra dan relawan. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Program humanity for green life (kemanusiaan terkait penghijauan) terus digalakkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang untuk mengatasi dampak pencemaran udara yang disebabkan adanya kebakaran sampah, asap pabrik dan juga kendaraan bermotor. Lingkungan yang tercemar tersebut memiliki dampak negatif untuk kesehatan secara keseluruhan.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris PMI Kota Semarang, Ratnaningdyah Hasna Zahari kepada Wartawan dalam acara Coffee Morning bersama Mitra dan Relawan bertempat di Gedung Unit Donor Darah PMI Kota Semarang, Jalan MGR Soegijapranata, No. 31, Kota Semarang, Senin (5/2/2024).

"Adanya kebakaran TPA Jatibarang, itu kan banyak pohon-pohon yang habis sehingga kami ini prihatin. PMI ini kan mitranya Pemkot Semarang, sehingga PMI ini juga harus mengupayakan bagaimana supaya masyarakat kita butuh oksigen, kalau dikaitkan dengan kesehatan itu juga lingkungan ini sangat diperlukan dan harus diperjuangkan," ucap Ratna.

Untuk mendukung program tersebut, kata Ratna, PMI kota Semarang telah menggandeng para relawan dan Palang Merah Remaja (PMR) dari SD, SMP, SMA, serta Perguruan Tinggi.

"Selain memanfaatkan duta-duta kemanusiaan yang kita punya untuk masuk ke sekolah-sekolah mereka, kami juga melibatkan TSR, Sibat (relawan). Kami juga bekerja sama dengan dinas terkait, baik DLH, BPBD karena ini nyambung, kita juga melibatkan Disperkim dan Dinas pertanian karena masing-masing Dinas ini bibitnya ternyata berbeda," ujarnya.

Berbeda dengan tahun 2023 lalu yang mengangkat isu bullying, tahun 2024 ini, PMI Kota Semarang mengangkat tema penghijauan yang dibarengi dengan bulan dana PMI. 

"Sebetulnya sebelum TPA Jatibarang ini terbakar, kami ini sudah mencanangkan, ternyata ini kok juga ngelink ke PMI pusat, dan temanya lingkungan tahun ini ternyata sama. Untuk kick offnya itu nanti tanggal 7 Februari di SMK Negeri 10, kami bekerja sama dengan Pelindo peti kemas, di sana nanti ada penanaman pohon, kemudian ada penyuluhan terkait narkoba juga, nanti dr Awal yang akan menyampaikan," tutur Ratna.

Ratna berharap, kedepannya, kegiatan Coffee Morning tersebut bisa dilaksanakan setiap bulan sekali. Hal itu dimaksudkan agar stakeholder yang ada bisa saling berdekatan.

"Kalau mereka itu mau minta informasi tentang darah, mau minta informasi tentang bencana, karena kan kalau di 112, PMI ini kan pasti dilibatkan, seperti pengambilan korban kecelakaan dan apapun, kami ini mereka bisa tahu, tidak terhalang berita apapun mereka bisa langsung ke PMI karena PMI ini milik mereka, milik masyarakat kota Semarang," ungkapnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut