get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Ingat! Hari Ini Terakhir Urus Pindah TPS untuk 4 Kondisi, Cek Tata Cara dan Prosedurnya

Rabu, 07 Februari 2024 | 06:34 WIB
header img
Ilustrasi Pemilu 2024. (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan hari ini, Rabu 7 Februari 2024 jadi hari terakhir pengurusan pindah tempat memilih Pemilu 2024 atau TPS khusus untuk empat kondisi. 

Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melayani hingga pukul 23.59 waktu setempat. Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos mengatakan, empat kondisi yang bisa pindah tempat memilih dimaksud, yakni bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap (sakit), menjadi tahanan rutan atau lapas dan tertimpa bencana alam. 

"Pindah memilih sesuai dengan ketentuan selambat-lambatnya H-7, yaitu tepat pada tanggal 7 Februari 2024 dan kantor kami akan dibuka sampai dengan pukul 23.59. Kantor yang dimaksud adalah KPU kabupaten/kota, PPK, dan atau PPS," ujar Betty, Rabu (7/2/2024). 

Syarat masyarakat yang ingin mengajukan pindah tempat memilih, namanya wajib terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Selain empat kondisi tersebut, KPU sudah tidak melayani.

"Terdaftar dulu dalam DPT dan membawa dokumen pendukung karena empat alasan tadi.  Di luar empat alasan tidak diterima untuk pindah memilih sampai dengan H-7 selambat-lambatnya sebagaimana ketentuan yang sudah diatur," katanya. 

Sementara itu, dikutip dari situs resmi KPU, pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT dapat mengajukan pindah memilih atau pindah TPS pada Pemilu 2024 bila berada di tempat yang tak sesuai dengan alamat KTP-elektroniknya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut