get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Camilan Sehat, LPPM Unnes Kembangkan Tempe dengan Fortifikasi Daun Kelor

Unnes Kukuhkan 6 Profesor, Ini Profilnya

Rabu, 07 Februari 2024 | 18:02 WIB
header img
Pengukuhan 6 profesor Unnes. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali menambah jumlah profesor di awal tahun 2024. Mereka adalah dosen-dosen berdedikasi yang telah berkontribusi mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang masing-masing. 

Pertamabahan jumlah profesor juga bukti konkret akselerasi kualitas pendidikan yang dilakukan Unnes. 

Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono, M.Si. menyampaikan selamat dan bangga atas pencapaian tersebut. “Unnes terus bertransformasi sehingga terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya, Rabu (7/2/2024).

Terdapat enam profesor yang dikukuhkan yaitu, Prof. Dr. Ali Masyhar, Prof. Dr. Djoko Adi Widodo, Prof. Dr. Edy Purwanto, Prof. Dr.  Widiyanto, Prof. Dr. Tommy Yuniawan, dan Prof. Dr. Widya Hary Cahyati. 

Daftar 6 Profesor yang Dikukuhkan Unnes

Prof. Dr. Ali Masyhar Mursyid, S.H., M.H.
(Profesor Bidang Politik Hukum Pidana, Kajian Khusus Radikalisme-Terorisme)

Sebagai ahli hukum, Prof. Ali Masyhar telah menekuni kajian radikalisme dan teorisme sejak lama. Ia merupakan Direktur Pusat Studi Radikalisme dan Terorisme (Pusara Teror) Unnes. Pemikirannya sebagai peneliti radikalisme dan teorisme dipublikasikan dalam berbagai jurnal internasional dan nasional. Sepanjang kariernya, pria yang kini menjabat Dekan Fakultas Hukum (FH) Unnes telah menerbitkan sebanyak 10 buku dan puluhan artikel. Pemikirannya tentang hukum juga terpublikasi di media massa nasional. Salah satu bukunya, Pergulatan Kebijakan Hukum Pidana dalam Ranah Tatanan Sosial, menjadi rujukan nasional kajian hukum pidana di Indonesia.  Buku lainnya yang juga menjadi rujukan nasional adalah Gaya Indonesia Menghadang Terorisme yang terbit 2009 lalu.

Prof. Dr. Djoko Adi Widodo, M.T.
(Profesor Bidang Ilmu Energi Surya)

Kepakaran Prof. Djoko Adi Widodo sebagai ahli dalam ilmu energi surya telah diakui luas. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya publikasi mengenai topik tersebut. Tercatat, sebanyak 15 artikel di jurnal internasional terindeks Scopus telah dipublikasikannya. Salah satu artikelnya dipublikasikan International Journal of Renewable Energy Research, salah satu jurnal ilmiah bergengsi di dunia. Salah satu inovasinya adalah “Sistem Kontrol Otomatis Berbasis Iot Pada Integrasi Suplai Energi Listrik Untuk Smart Home Micro Grid” yang telah diperoleh hak intelektualnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut