get app
inews
Aa Read Next : Yoyok Sukawi Merapat ke Golkar dan Melamar Koalisi Indonesia Maju

Gandeng Pelindo, PMI Kota Semarang Gelar Donor Darah dan Tanam 50 Pohon

Rabu, 07 Februari 2024 | 20:08 WIB
header img
PMI Kota Semarang bersama Pelindo Peti Kemas melaksanakan Program penanaman pohon di SMKN 10 Semarang. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Peti Kemas Semarang melaksanakan kegiatan donor darah serta penanaman 50 pohon cemara, pucuk merah dan angsana di area Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 dalam rangkaian tahun kemanusiaan PMI dengan tema Humanity For Green Life (kemanusiaan untuk kehidupan yang hijau).

Selain penanaman pohon dan donor darah, kegiatan tersebut juga diisi dengan edukasi kesehatan tentang bahaya narkotika dan rokok terhadap siswa siswi SMKN 10 dengan pembicara Ketua PMI Kota Semarang, Dr. dr. Awal Prasetyo bertempat di Aula Baita Adhi Guna SMK Negeri 10, Jalan Kokrosono No.75, Panggung Kidul, Kecamatan Semarang Utara, Rabu 7 Februari 2024.

"Kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kita semuanya sebagai manusia bahwa kita tidak bisa lepas perhatian dan ketergantungan kita terhadap lingkungan," ucap dr Awal kepada Wartawan usai kegiatan.

Ia menyebut, pohon merupakan salah satu unsur penopang lingkungan yang paling penting, karena pohon bisa menghasilkan oksigen, melindungi dari efek rumah kaca, global warming (pemanasan global) serta bisa menurunkan risiko banjir.

Terkait aksi sosial donor darah di sekolahan, dr Awal memberikan apresiasi kepada Pelindo karena sudah memberi contoh menunjukkan kepeduliannya kepada pewaris masa depan yaitu anak-anak san remaja, khususnya mereka yang masih duduk di bangku sekolah.

"Jadi ini juga baru pertama kali institusi swasta yang melakukan donor darah tetapi di sekolahan, karena tujuannya adalah untuk mewariskan insting kemanusiaan pada generasi yang lebih muda," ungkapnya.

Kedepan, ia pun mengharapkan tingkat partisipasi masyarakat di kota Semarang dan perhatian tentang isu kemanusiaan semakin dalam dan kongkrit. Salah satu wujudnya adalah perhatian terhadap lingkungan, isu kemanusiaan, relawan, kebencanaan, donor darah, dan lain-lain yang intinya adalah untuk mengurangi penderitaan sesama manusia.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut