get app
inews
Aa Read Next : Mengenal 5 Jenis Kurma Cocok untuk Buka Puasa, Mana Paling Enak?

5 Hikmah Peristiwa Isra Mi’raj untuk Direnungkan Umat Muslim

Kamis, 08 Februari 2024 | 05:06 WIB
header img
Hikmah peristiwa Isra Miraj untuk direnungkan umat Muslim. (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Hikmah peristiwa Isra Mi'raj berikut ini dapat dipetik dan direnungkan oleh umat Muslim. Isra Mi'raj menjadi salah satu peristiwa penting dalam ajaran Islam.

Melansir laman MA Matholiul Ulum Banjaragung, Isra Mi'raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Palestina. 

Jarak dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa adalah 1.239 KM. Pada kondisi normal, jarak tersebut hanya dapat dicapai dalam waktu sebulan menggunakan kuda atau unta. 

Dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Rasulullah dapat menyelesaikan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kurang dari semalam. 

Singkatnya, ia diangkat ke langit ketujuh, Sidratul Muntaha dan mendapatkan perintah langsung dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk melaksanakan sholat lima waktu.  

Adapun, salah satu ayat Al-Qur'an yang membenarkan adanya peristiwa Isra Mi'raj, yakni surat Al Isra ayat 1, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: 

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِۦ لَيْلًا مِّنَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ إِلَى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْأَقْصَا ٱلَّذِى بَٰرَكْنَا حَوْلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنْ ءَايَٰتِنَآ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ 

Subhanalladzi asra bi abdihi lailam minal-masjidil-harami ilal-masjidil-aqsa alladzi barakna haulahu linuriyahu min ayatina, innahu huwas-sami'ul-bashir.

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Isra:1) 

Di balik semua itu, Allah tak hanya menunjukkan kebesarannya, tetapi juga memberikan hikmah bagi setiap Muslim. Apa saja itu? 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut