get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Demak 2024, Ini Jadwal Penyerahan Dokumen Syarat Dukungan Calon Independen

Petugas KPPS 2024 Pakai Seragam Apa? Simak Penjelasannya

Jum'at, 09 Februari 2024 | 07:21 WIB
header img
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara di halaman gedung IPHI Demak. (ilustrasi/Dok)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Petugas KPPS 2024 pakai seragam apa? Belum ada ketentuan khusus mengenai seragam yang harus dipakai oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 227 Tahun 2023, secara umum Pakaian Dinas Lapangan (PDL) bagi panitia pemungutan suara adalah kemeja lengan panjang berwarna biru dongker dan celana panjang berwarna cokelat khaki.

Petugas KPPS 2024 pakai seragam apa? Terkait hal tersebut petugas KPPS dapat memakai pakaian yang seragam agar terlihat kompak dan dapat membantu masyarakat dalam lebih mengenali siapa saja yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berdasarkan penelusuran MPI, Kamis (8/2/2024), para petugas KPPS dapat memakai atasan berwarna putih dan bawahan berwarna hitam hal itu agar menampilkan kesan yang formal, atasannya bisa berupa kemeja lengan panjang maupun pendek.

Bagi Pria bagian bawah seragam dapat memakai celana panjang berwarna hitam sedangkan wanita dapat memakai celana atau rok berwarna hitam.

Selain itu, Seragam batik juga cocok dipakai oleh petugas KPPS agar terlihat sopan dan menampilkan kesan formal.

Sesuai dalam laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bahwa batik merupakan perekat bangsa sekaligus menjadi simbol persatuan. Memakai batik juga dapat menunjukkan kebersamaan dan tidak adanya perbedaan dalam strata sosial di dalam masyarakat.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut