get app
inews
Aa Read Next : 99 Stand Bakal Ramaikan Ikapesta Market Place di PRPP Semarang

Eksotisme Gunung Prau, Tempat Terindah yang Dikelilingi 5 Puncak Gunung Megah di Jateng

Jum'at, 16 Februari 2024 | 08:33 WIB
header img
Begini keindahan Gunung Prau. (Foto: Instagram @wonosobo.scenery)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyuguhkan beragam destinasi menarik yang harus dikunjungi sekali dalam seumur hidup. Salah satunya Gunung Prau yang menyimpan surga tersembunyi dan kini mulai banyak dikunjungi.

Ya, Gunung Prau jadi salah satu tempat terindah menikmati kopi pagi dan sarapan paling nikmat di Jawa Tengah. Anda akan ditemani kilau keemasan sunrise dan dikelilingi oleh lima puncak gunung megah.

Gunung Prau namanya. Letaknya berada di wilayah Dieng. Namun, secara administratif Gunung Prau berada di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung. 

"Di puncak gunungnya terdapat menara. Bila kita mengelilingi menara itu, artinya kita sudah menginjakkan kaki di lima kabupaten. Seru, kan! Kuy, lah!" tulis Instagram @pesonaid_travel.

Malam hari merupakan waktu terbaik mendaki Gunung Prau. Karena, setelah ribuan sinar bintang mulai pudar, cantiknya matahari pagi akan datang memikat para pendaki. Tak heran, bila gunung ini menjadi primadona bagi pencinta foto landscape dan pemburu sunrise.

Di musim liburan, gunung yang dijuluki ‘Gunung Seribu Bukit’ ini bisa dikunjungi sampai ratusan pendaki. Biasanya, mereka berangkat malam hari, menghabiskan malam di camping ground, untuk menikmati sunrise dan turun kembali. 

Sebagian besar pendaki Gunung Prau hanya sampai di kawasan camping ground, di ketinggian 2.565 meter. Sementara, puncak tertingginya berada di 2.590 meter di atas permukaan laut. 

Baik dari camping ground atau puncak, pemburu sunrise bisa menikmati matahari yang perlahan menyembul dari balik Gunung Merapi dan Merbabu. Di sebelah selatan, ada Gunung Sumbing dan Sindoro, serta Gunung Slamet di sebelah Barat.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut