get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Deretan Kota Tertua di Jawa Tengah, Nomor 1 Berada di Kaki Gunung Merbabu

Minggu, 18 Februari 2024 | 05:50 WIB
header img
Kawasan Kopeng dengan pemandangan pegunungan merupakan jalur penghubung Kota Salatiga dengan Kota Magelang. (foto IG @wisatasalatiga)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Berikut ini deretan kota tertua di Jawa Tengah menarik untuk diketahui. Jawa Tengah merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa

Provinsi Jawa Tengah memiliki luas wilayah sebesar 34.337 km² dan populasi penduduknya sebesar 37.032,410 juta tahun 2022 menurut data BPS.

Kota tertua di Jawa Tengah ini terletak di bawah kaki Gunung Merbabu dengan kekayaan alam yang luar biasa. Selain itu juga ada kota-kota tertua lainnya di Jawa Tengah. Berikut ulasannya.

Kota Tertua di Jawa Tengah

1. Kota Salatiga

Salatiga merupakan kota tertua kedua di Indonesia. Kota Salatiga berada di kaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Kota Salatiga sudah berdiri sejak 24 Juli 750 Masehi. Sampai saat ini sudah mencapai usia 1.273 tahun. Sejarah Salatiga ini bersumber dari Prasasti Plumpungan yang berada di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

Pada zaman penjajahan Belanda sudah cukup jelas batas dan status Kota Salatiga, berdasarkan Staatsblad 1917 No. 266 mulai 1 Juli 1917 didirikan Stood Gemeente Salatiga yang daerahnya terdiri dari 8 desa. Pada saat itu, Salatiga dijuluki sebagai kota terindah di Jawa Tengah karena faktor geografis, udara sejuk dan letaknya sangat strategis.  

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut