get app
inews
Aa Read Next : Cerita Angker di Tol Cipali, Konon Ada Binatang Gaib yang Sering Ganggu Pengguna Jalan

Aura Mistis Gunung Lawu, Terdengar Ombak Laut Selatan hingga Diselimuti Awan Misterius

Minggu, 18 Februari 2024 | 08:57 WIB
header img
suasana di puncak Gunung Lawu. (Foto: IG anakgununglawu)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Gunung Lawu menyimpan misteri yang tak ada habisnya. Dalam pandangan masyarakat Jawa, gunung berketinggian3.265 mdpl di atas permukaan laut ini dianggap sebagai pusat kebudayaan dan dihormati sebagai 'paku bumi' Pulau Jawa.

Gunung yang semula bernama Wukirmahendra ini juga disebut dalam ramalan kuno Jawa, Jangka Jayabaya. Hal ini semakin menambah elemen misteri gunung tertinggi keenam di Pulau Jawa itu.

Penduduk sekitar Gunung Lawu, yang masih sangat kental dengan tradisi dan adat budaya Jawa, meyakini bahwa gunung ini menyimpan misteri.

Pak Po, seorang tokoh spiritual dan anggota tim senior SAR Gunung Lawu, melukiskan keindahan mistis dari puncak hingga kaki gunung ini.

"Tak heran jika Lawu dijuluki gunung dengan seribu misteri. Karena apa pun ada di Lawu. Mulai dari tanaman jamu, bunga, alam, budaya, sejarah, sampai ke wisata religi," kata Pak Po, seperti dikutip iNews.

Salah satu rahasia Gunung Lawu yang diungkapkan oleh Pak Po adalah tiga puncak utamanya: Hargo Dumilah, tempat muksa Brawijaya V; Hargo Dalem, dan Hargo Dumiling. Puncak-puncak ini sering menjadi tempat penyendiri untuk meditasi.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut