get app
inews
Aa Read Next : Cerita Angker di Tol Cipali, Konon Ada Binatang Gaib yang Sering Ganggu Pengguna Jalan

Aura Mistis Gunung Lawu, Terdengar Ombak Laut Selatan hingga Diselimuti Awan Misterius

Minggu, 18 Februari 2024 | 08:57 WIB
header img
suasana di puncak Gunung Lawu. (Foto: IG anakgununglawu)

Di puncak Lawu, terdapat juga Sumur Jalatunda, sebuah goa di mana dapat terdengar gemuruh ombak Laut Selatan, menciptakan pengalaman mistis yang luar biasa.

"Selain itu, di puncak Lawu juga terdapat Sumur Jalatunda, yakni sebuah goa, yang bila kita masuk ke dalamnya bisa mendengar deburan ombak Laut Selatan, bahkan jika langit cerah tidak tertutup awan kita bisa melihat hamparan gunung yang ada di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur," tuturnya.

Puncak Lawu juga menyimpan Sendang Panguripan dan Sendang Drajat. Sendang Panguripan dianggap sebagai sumber mata air yang memberi kehidupan bagi pendaki dan peziarah, sementara Sendang Drajat dipercaya memiliki air yang memiliki kekuatan penyembuhan, tentunya dengan seizin Allah SWT.

Di sekitar lereng Lawu, misteri juga meliputi keberadaan Pasar Setan Dieng, yang dikenal di kalangan pendaki sebagai tempat dengan aura mistis. Selain itu, Candhi Cetho dan Candi Sukuh dianggap sebagai peninggalan pelarian Prabu Brawijaya V dari Majapahit ke puncak Lawu.

Makam-makam keramat di wilayah Magadeg, seperti Astana Mangadeg yang menjadi tempat pemakaman Mangkunegara I, pendiri Pura Mangkunegaran Surakarta, dan makam Presiden kedua Indonesia, Soeharto, di wilayah Giri Bangun, juga menjadi daya tarik mistis di lereng Lawu.

Yang paling unik, puncak Gunung Lawu selalu diselimuti oleh awan misterius. Ketika dilihat dari GPS, Gunung Lawu tampak seolah-olah tidak terlihat. Fenomena ini memberikan sentuhan magis dan membuat Gunung Lawu menjadi objek kekaguman yang selalu diselimuti oleh aura misteri.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut