get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Harga Kebutuhan Pokok di Semarang Merangkak Naik: Beras Premium Rp17.000 per Kg

Selasa, 20 Februari 2024 | 09:11 WIB
header img
Aktivitas pedagang Pasar Purwogondo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Harga kebutuhan pokok khususnya beras di Kota Semarang mengalami kenaikan. Selasa (20/2/2024), harga beras premium dari sekitar harga Rp14.000-Rp15.000 per kg, kini mencapai Rp 16.500 per kg-Rp 17.000 per kg. 

Untuk harga kelas medium, yang sebelumnya di kisaran Rp13.000 per kg kini menjadi Rp 14.000 per kg. 

Kenaikan harga beras ini juga diikuti kenaikan harga komuditas lain, seperti cabai, telur, gula dan lainnya. Harga cabai merah misalnya, mencapai Rp85.000/kg. Harga cabai rawit pedas juga mencapai Rp80.000/kg. 

Pemkot Semarang menjelaskan, jika kenaikan harga itu dipicu karena saat ini di Ibu Kota Jawa Tengah masih dalam masa tanam. 

Plt Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Hernowo Budi Luhur mengatakan, jika banyak pedagang yang mengeluh terkait harga dan stok bahan pokok khususnya beras. Saat ini pihaknya masih mengupayakan untuk mendorong stabilitas harga beras. 

“Memang lagi prihatin beberapa penjual beras susah. Saya tidak tahu persis distribusinya, tetapi kami dari sisi produksi memang sedang memasuki masa tanam, jadi memang kami dari sisa panen kemarin sisi produksi kita juga kesulitan. Lalu pemilik-pemilik atau pedagang beras kecil itu memang tidak punya stok karena dari sisi produksi kita masa tanam,” ujarnya, Selasa (20/2/2024). 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut