get app
inews
Aa Read Next : Profil Como 1907, Klub Milik Pengusaha Jawa Tengah yang Promosi ke Seri A Liga Italia

10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan: Ada Nyadran, Padusan hingga Dugderan

Kamis, 29 Februari 2024 | 04:25 WIB
header img
Tradisi Nyadran di Ngijo Gunungpati Semarang dengan menyembelih puluhan ekor kambing. (foto Dok)

JAKARTA, iNews.id - Terdapat 10 tradisi unik menyambut Ramadan di Indonesia yang dapat Anda ketahui. Tradisi ini masih dirawat dengan nilai-nilai spiritual dan kebersamaan. 

Berbagai tradisi itu tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Tujuannya untuk meningkatkan ukhwah Islamiyah serta memberikan semangat satu sama lain saat nanti berpuasa di bulan Ramadan.

Apa saja tradisi tersebut?  Berikut rangkuman 10 tradisi unik menyambut Ramadan di Indonesia yang menunjukkan kekayaan tradisi dan keunikan cara masyarakat dalam merayakan kedatangan bulan penuh berkah ini. 

10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan 

1. Megengan di Surabaya 

Di Surabaya, tradisi Megengan menjadi simbol penyucian diri sebelum memasuki Ramadhan. Kue apem, yang merupakan bagian penting dari tradisi ini, dipercaya sebagai simbol permohonan maaf dan penyucian diri.

2. Nyadran di Jawa Tengah

Nyadran adalah tradisi ziarah kubur yang dilakukan masyarakat Jawa Tengah sebagai persiapan menyambut Ramadhan. Kegiatan ini mencakup bersih desa, selamatan, dan makan bersama, yang menegaskan nilai-nilai kekeluargaan dan persaudaraan. 

3. Dugderan di Semarang

Dugderan adalah pesta rakyat di Semarang yang telah ada sejak tahun 1881. Tradisi ini melibatkan pasar malam dan berbagai permainan tradisional, menunjukkan kegembiraan masyarakat menyambut Ramadhan.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut