get app
inews
Aa Read Next : Beri Arahan Pejabat Imigrasi, Kakanwil Kemenkumham Jateng Ingin Kearifan Lokal Dikedepankan

8 Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia, Ada Apitan Semarang Arak Hasil Tani dan Ternak

Jum'at, 07 Juni 2024 | 06:34 WIB
header img
Tradisi apitan di Manyaran Semarang. (Dok Pemkot Semarang)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Tradisi Idul Adha di Indonesia dikenal unik dan beragam. Sama halnya dengan Idul Fitri, tradisi Idul Adha di berbagai daerah berbeda dengan kearifan lokal yang ada. 

Nah, bagi Anda yang punya rencana bepergian ke salah satu daerah di Indonesia dalam waktu dekat, jangan lupa untuk menyaksikan momen tradisi perayaan Idul Adha di sana.

Menyembelih hewan kurban memang pokok kegiatan saat Idul Adha. Namun, beberapa daerah di Indonesia menjada tradisi unik itu. Melansir dari berbagai sumber pada Jumat, (7/6/2024), berikut daftar tradisi unik Idul Adha di berbagai daerah Indonesia. 

Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia 

1. Meugang, Aceh 
Meugang adalah tradisi yang bermakna sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Aceh kepada Tuhan. Kegiatan ini dilakukan masyarakat Aceh dengan memasak daging dan makan bersama keluarga serta kerabat. Prosesnya berawal dengan pemotongan hewan kurban. Kemudian lanjut dengan membagikan daging ke warga sekitar dan fakir miskin. 

2. Manten Sapi, Pasuruan 
Tak hanya sepasang manusia saja yang mendapat status manten atau pengantin. Anda juga bisa menemukan tradisi Manten Sapi di Pasuruan, tepatnya di Desa Watestani, Grati, Pasuruan. Tradisi ini berlangsung sehari sebelum hari raya Idul Adha. Masyarakat setempat mengadakan acara ini untuk memberikan penghormatan terhadap sapi dan hewan kurban yang akan disembelih keesokan harinya. 

3. Tradisi Apitan, Semarang 
Tradisi Idul Adha Apitan dirayakan di Semarang. Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur atas rezeki berupa hasil bumi yang diberikan oleh Yang Maha Esa. Di Semarang, tradisi ini biasa diisi dengan pembacaan do’a yang dilanjutkan dengan arak-arakan hasil tani, ternak, dan nantinya hasil tani yang diarak ini akan diambil secara berebutan oleh masyarakat setempat. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut