get app
inews
Aa Read Next : Golkar- PKB Gagas Koalisi Inti Demi Wujudkan Koalisi Besar, Begini Respons PAN

Sudirman Said Bongkar Ada Skenario Pembentukan Koalisi Besar, Tinggalkan 2 Partai

Minggu, 03 Maret 2024 | 11:25 WIB
header img
Co-Captain Timnas AMIN Sudirman Said mengaku mendengar skenario pembentukan koalisi besar yang hanya menyisakan satu atau dua partai. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pernyataan mengejutkan datang dari Co-Captain Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) Sudirman Said. Dia mengungkap, ada skenario pembentukan koalisi besar pemerintahan yang akan menggandeng sejumlah partai politik (Parpol) dan akan menyisakan dua partai yang ditinggalkan diluar koalisi.

"Ada satu perbincangan di luar seolah-olah yang akan dilakukan adalah mengajak hampir seluruh partai dalam satu koalisi besar kemudian menyisakan satu dua (partai)," kata Sudirman dalam diskusi yang digelar di Jakarta Selatan, dikutip Minggu (2/3/2024).

Dia mengaku tidak mengetahui pihak mana yang merencanakan itu. Menurutnya, wacana tersebut bukan buah pikiran yang baik untuk menjaga sebuah demokrasi. 

Dia khawatir pembentukan koalisi besar tersebut membungkam suara rakyat yang disampaikan melalui DPR. 

"Pertama, pemilu ini kan belum selesai jadi kita tunggu sampai selesai tapi saya berharap bahwa yang menang memerintah, yang kalah menjadi penyeimbang," kata dia. 

"Satu dua pindah barang kali oke, tapi kalau niatnya mengkooptasi hampir seluruh partai kemudian menjadi kekuatan besar, apalagi dengan niat buruk, itu menurut saya bukan hal yang baik dan itu mesti dijadikan concern bersama oleh masyarakat," ujarnya. 

Sudirman Said mengatakan, pola kooptasi yang ingin mengontrol eksekutif, legislatif dan yudikatif dapat menimbulkan negara bergerak seperti tanpa kendali. "Itu menurut saya bisa membahayakan situasi," tutur dia.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut