get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Libatkan PKK Kampanyekan Gerakan Kembali ke Meja Makan

DP3A Kota Semarang Imbau Masyarakat Berani Lapor Kasus Kekerasan

Senin, 04 Maret 2024 | 14:42 WIB
header img
Kantor UPTD PPA Kota Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang mengimbau masyarakat tidak takut melapor kasus kekerasan.

Pemkot Semarang memiliki Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) yang siap memberikan bantuan penyelesaian kasus kekerasan.

Menurut Kepala DP3A Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki sejumlah kasus kekerasan di ibu kota Provinsi Jawa Tengah masih terjadi pada 2023 lalu.

Data kasus kekerasan di Semarang hanya turun satu kasus. Pada 2022, ada 228 kasus, turun menjadi 227 kasus pada 2023. Menurutnya, angka kasus itu masih tinggi. Dia berharap angka kasus bisa turun pada 2024.  

Meski mengalami penurunan, dimungkinkan masih banyak warga yang takut melapor saat menjumpai adanya kasus kekerasan. Padahal, jika dilaporkan, pemerintah bisa memberikan pendampingan melalui UPTD PPA

"UPTD PPA, kami kerjasama dengan kepolisian, rumah sakit. Biaya dari Pemerintah Kota Semarang," kata Ulfi.

UPTD PPA ini mendampingi kasus kekerasan yang menimpa warga Kota Semarang. Pendampingan berupa psikologi, bantuan hukum dan rumah rehabilitasi. Dia berharap, warga berani melapor kepasa UPTD PPPA. 

"Saya harap warga berani melapor. Kalau ada tindakan kekerasan yang terjadi. Apabila terjadi kekerasan tidak usah takut melapor kepada aparat," jelasnya. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut