get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih 2024-2029

KPU Bantah Ada Operasi Penggelembungan Suara PSI, Begini Klarifikasinya

Senin, 04 Maret 2024 | 22:17 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya angkat bicara terkait kenaikan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara signifikan pada tampilan hitung resmi KPU. Pihaknya juga mengklarifikasi bahwa tidak ada operasi penggelembungan suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI tahun 2024.

"Tidak ada terjadi penggelembungan suara," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik kepada wartawan, Senin (4/3/2024).

Menurut Idham, kesalahan yang mungkin terjadi ialah adanya ketidakuratan teknologi pada aplikasi Sirekap untuk membaca hasil dari c plano pada masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena itu, Idham meminta seluruh pihak untuk berperan aktif dalam mengawal suara yang tidak akurat tersebut.

"Yang ada adalah ketidakakuratan teknologi OCR dalam membaca foto formulir C hasil plano. Di sini pentingnya peran serta aktif pengakses Sirekap untuk menyampaikan telah terjadinya ketidakakuratan tersebut," sambungnya.

Idham memastikan pihaknya tengah melakukan koreksi data agar Sirekap memiliki akurasi yang sama sesuai hasil di masing-masing TPS. Hal itu dilakukan sebagaimana rekomendasi Bawaslu.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut