get app
inews
Aa Read Next : Kisah Damhuji, Tukang Sate Keliling Naik Haji usai Nabung Rp10.000 Selama 18 Tahun

Mengenal 5 Jenis Kurma Cocok untuk Buka Puasa, Mana Paling Enak?

Rabu, 13 Maret 2024 | 10:05 WIB
header img
Ketika Ramadan, banyak umat muslim berburu kurma untuk berbuka puasa. (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang paling ditunggu umat Islam. Ketika Ramadan, banyak umat muslim berburu kurma untuk berbuka puasa.  

Sebagaimana diketahui, para ulama menyarankan berbuka puasa diawali dengan kurma seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.  Hal ini tertuang dalam hadist riwayat Abu Dawud. 

"Nabi shollallahu 'alaihi wasallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah). Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air," HR Abu Dawud 2356. 

Buah kurma tidak hanya lezat karena rasanya yang manis, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengutip dari Tasting Table, buah kurma kaya akan potasium, magnesium, tembaga, mangan, dan zat besi. Karena rasa manis alaminya, kurma digunakan dalam berbagai resep. 

Namun, ada banyak sekali jenis kurma yang ada di dunia. Kira-kira kurma jenis apa yang paling baik? Mengutip dari Tasting Table, berikut ini ada 5 jenis kurma beserta penjelasannya. 

1.  Kurma Ajwa 

Kurma ajwa merupakan salah satu varietas buah kurma yang sangat populer di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Kurma ajwa berasal dari Madinah di Arab Saudi. Kurma ajwa memiliki warna yang lebih gelap, tepatnya warnanya kehitaman dan bulat. Selain itu, kurma Ajwa memiliki tekstur padat. 

Ketika digigit, kurma ini memiliki rasa manis sayang bisa memanjakan lidah kala berbuka puasa. Di samping cita rasanya yang lezat,  kurma ajwa kaya akan potasium dan serat. Kurma ini juga mengandung folat dan riboflavin dan dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh penderita diabetes. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut