get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi M4,8 Guncang Bayah Banten

Gempa Tuban M6,5 Rusak Rumah Warga hingga Sekolah di Bawean Gresik

Jum'at, 22 Maret 2024 | 18:44 WIB
header img
Salah satu rumah warga di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang terdampak gempa Tuban Magnitudo 6,5, Jumat sore (22/3/2024). (Foto: Antara/Dokumen pribadi)

GRESIK, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,5 yang mengguncang wilayah Laut Jawa, Jumat (22/3/2034) pukul 15.52 WIB turut dirasakan di Pulau Bawean dengan intensitas V-VI MMI. 

Getaran gempa yang terasa kuat ini menyebabkan kerusakan pada rumah warga hingga sekolah di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

"Berdasarkan laporan dari masyarakat gempabumi ini menimbulkan kerusakan di Pulau Bawean. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono dalam keterangan tertulis.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gresik Driatmiko Herlambang mengatakan, guncangan gempa hari ini merusak sejumlah rumah warga di Kecamatan Tambak dan Sangkapura, Kepulauan Bawean.

"Sebagian dinding rumah warga retak, kaca jendela pecah, dan sebagian temboknya rumahnya runtuh," ujarnya, dikutip dari iNewsGresik.id.

Hingga Jumat sore, BPBD Gresik belum menerima laporan ada korban jiwa. Namun, gempa M6,5 tersebut membuat warga panik dan berhamburan menyelamatkan diri keluar rumah.

"Hingga kini terdapat 16 desa di Pulau Bawean yang melapor terdampak gempa. Umumnya mengalami kerusakan retak di bagian dinding rumahnya," katanya. 

Miko mengimbau masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Menurut data dari BMKG, gempa susulan masih terus terjadi di Gresik, tetapi kekuatanya semakin menurun. 

"Kami mengimbau masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan di antaranya mencari penutup kepala dan leher, dan tetap berada dan berlindung di tempat yang aman hingga gempa berhenti," kata Miko.

Salah satu rumah yang rusak akibat gempa M6,5 ini milik Halwiyati, warga Dusun Tanjung Anyar, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Bawean. "Rumah saya retak beberapa saat setelah gempa," kata Halwiyati, dikutip dari Antara.

Bangunan Masjid As Sholihin Muhammadiyah di Desa Kotakusuma, Kecamatan Sangkapura, juga rusak akibat gemoa. Beberapa dinding keramik retak dan berjatuhan. Namun, tidak ada korban jiwa karena masjid itu bangunan lama dan sudah tidak digunakan untuk salat dan sudah ada masjid yang baru. Jendela bangunan SMAN Sangkapura juga rusak. Gempa juga mengakibatkan dinding ruang ATM salah satu bank di Bawean retak. 

Gempa Bumi Dangkal

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Daryono mengatakan, gempa tektonik bermagnitudo M6,5 yang terjadi Jumat (22/3/2034) pukul 15.52 WIB, berlokasi di laut pada jarak 114 km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur, pada kedalaman 12 km. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,92° LS ; 112,35° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur, pada kedalaman 12 km," kata Daryono dalam keterangannya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut