get app
inews
Aa Read Next : Open House 2 Hari, Rumah Dinas Bupati Dico Dibanjiri Warga

Daftar Tol Baru Beroperasi saat Mudik Lebaran 2024, Ruas Tol Solo-Jogja Siap Dipakai

Senin, 25 Maret 2024 | 06:54 WIB
header img
Beberapa ruas tol siap beroperasi saat lebaran, salah satunya Tol Solo-Jogja. (iNews.id)


JAKARTA, iNewsSemarang.id - Semakin banyak ruas tol baru yang beroperasi pada Lebaran tahun 2024. Ada yang sudah beroperasi komersial dan masih fungsional.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, kehadiran ruas tol tersebut diharapkan mampu memangkas waktu tempuh karena sudah bisa menghindari beberapa lampu merah yang ada di jalan nasional.

Menurutnya beberapa ruas tol yang siap beroperasi saat lebaran misalnya ruas tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang sudah dapat digunakan hingga Sukabumi Barat, alias seksi 3 sepanjang 13,70 km.

Jalan Tol Bocimi terdiri dari 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km. Hingga saat ini Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. 

Seksi 2 Cigombong-Cibadak baru diresmikan pada bulan Agustus lalu. Kemudian seksi 3 yakni Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 juga sudah dapat digunakan saat lebaran.

"Di Jawa tambahannya tidak terlalu banyak, namun di sekitar sini kan sudah yang diresmikan termasuk Bocimi nanti sudah bisa sampai ke Sukabumi Barat tambahannya," ujar Menteri Basuki.

Selain itu, Menteri Basuki mengatakan beberapa ruas Jalan Tol Yogyakarta-Solo sudah dapat dilalui saat musim libur lebaran 2024. Ruas Kartasura-Klaten sudah dapat digunakan secara fungsional sepanjang 22,3 km, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan siap untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut