get app
inews
Aa Read Next : Punya Keindahan Geologi, Dataran Tinggi Dieng Diajukan Jadi Geopark Nasional

5 Danau Eksotis di Indonesia Suka Berubah Warna, Nomor 3 di Dataran Tinggi Dieng

Kamis, 28 Maret 2024 | 06:25 WIB
header img
Pemandangan eksotis danau Telaga Warga di Dieng. (foto IG telagawarnadieng by @maspeot)

3. Danau Telaga Warna 

Telaga warna sangat populer di kalangan wisatawan. Danau ini terletak di dataran tinggi Dieng dan memiliki warna hijau lumut, kuning, hingga hijau toska. Kadang, danau ini juga bisa terlihat berwarna-warni seperti pelangi. Fenomena unik Danau Telaga Warna yang bisa berubah itu disebabkan oleh tingginya tingkat sulfur yang ada di dalam danau.

4. Danau Kelimutu

Danau yang terletak di Moni, Flores ini dikenal memiliki tiga danau kawah dengan warna berbeda. Ajaibnya lagi, warna ketiga danau tersebut bisa berubah-ubah tanpa ada yang bisa memprediksi. Danau Kelimutu bisa berubah warna menjadi biru, merah, dan hitam. Menurut kepercayaan suku Lio, kawah Gunung Kelimutu merupakan tempat bersemayam arwah orang-orang yang sudah meninggal.

5. Danau Linting

Danau yang berada di Deli Serdang ini juga memiliki keunikan bisa berubah warna. Air danau tersebut terkadang menampakkan warna biru jernih, lalu lambat laun berubah menjadi biru pekat. Kemudian, bisa berubah lagi menjadi hijau. Masih belum jelas kenapa warna danau ini bisa berubah-berubah. Danau ini memiliki suhu sekitar 30 derajat celsius.


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut