get app
inews
Aa Read Next : Fakta Menarik Nathan Tjoe-A-On, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berdarah Semarang

Produksi SKT, Sampoerna Kembali Tambah Kemitraan dengan Pengusaha Lokal di Karanganyar

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:25 WIB
header img
PT HM Sampoerna Tbk. kembali menambah kemitraan dengan pengusaha daerah, yakni PT Attin Sigaret Indonesia, melalui pembukaan fasilitas produksi SKT Mitra Produksi Sigaret (MPS) baru di Jaten, Kabupaten Karanganyar, , Rabu (27/3/2024). (IST)

KARANGANYAR, iNewsSemarang.id – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna/IDX: HMSP) kembali menambah kemitraan dengan pengusaha daerah dalam membuka fasilitas produksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) Mitra Produksi Sigaret (MPS) baru di Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Seiring dengan pemulihan kinerja segmen SKT, pembukaan MPS Jaten merupakan bagian dari realisasi rencana penyerapan tenaga kerja oleh Sampoerna untuk fasilitas produksi SKT dan MPS baru di berbagai kota/kabupaten di Pulau Jawa pada tahun 2024. Dimiliki dan dikelola oleh PT Attin Sigaret Indonesia, MPS Jaten membuka lapangan kerja bagi sekitar 2.000 orang.

Saat meresmikan pabrik SKT MPS Jaten secara langsung, Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Iyan Rubiyanto yang mewakili Direktur Jenderal Bea dan Cukai, menyampaikan apresiasinya terhadap pembukaan pabrik baru yang diharapkan akan berdampak positif bagi perekonomian daerah dan nasional. 

“Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada PT Attin Sigaret Indonesia atas peresmian MPS Jaten di Karanganyar. Kami juga mengapresiasi Sampoerna yang konsisten bermitra dengan pengusaha dan koperasi lokal, utamanya dalam menambah serapan ribuan orang tenaga kerja,” kata Iyan.

“Pembukaan MPS ini diharapkan dapat terus menyerap tenaga kerja dan juga memberi efek berganda terhadap perekonomian sekitar. Keberlangsungan industri merupakan salah satu fokus Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu. Untuk itu, mari kita jaga keberlangsungan ekonomi yang menjadi dampak positif dari industri SKT,” katanya.

Kinerja segmen SKT mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan mulai tahun 2020 setelah terus mengalami penurunan pangsa pasar dari 37% pada tahun 2006 menjadi 17% pada tahun 2019. 

Melalui dukungan kebijakan cukai yang mempertimbangkan penyerapan tenaga kerja dalam 4 tahun terakhir, segmen SKT mencatatkan pangsa pasar 28% di tahun 2023. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut