get app
inews
Aa Read Next : Hendi Lapor Jokowi Soal Pemilu

Survei Pilgub Jateng Maret 2024, Elektabilitas Hendi Ungguli Gus Yusuf dan Dico

Jum'at, 29 Maret 2024 | 14:30 WIB
header img
Hendrar Prihadi memberikan keterangan pers. (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pendaftaran pilkada serentak tahun 2024 akan mulai dibuka pada tanggal 27 Agustus 2024, termasuk di provinsi Jawa Tengah yang akan menggelar pemilihan gubernur

Sejumlah lembaga pun mulai melakukan survey untuk memberikan gambaran modal elektabilitas para calon yang mungkin maju dalam kontestasi. Salah satunya Lembaga survei Archi Research And Strategy Indonesia yang merilis hasil survei terkait elektabilitas calon gubernur di 5 provinsi di Pulau Jawa. Adapun kelima provinsi adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kita memotret lima provinsi besar yang ada di Pulau Jawa, karena lima provinsi ini kalau di Pilpres menjadi barometer atau indikator politik dari suara nasional," kata CEO sekaligus Direktur Eksekutif ARCHI Research & Strategic Mukhradis Hadi Kusuma dalam acara Buka Puasa Bersama dan Sharing Session Pilkada 2024 ARCHI Research and Strategy.

Mukhradis Hadi Kusuma menjelaskan, dalam survei ini pihaknya menggunakan metode sampling dari populasi pemilih yang dikelompokkan menurut provinsi dengan responden yang sudah memiliki hak pilih atau berusia lebih dari 17 tahun. Adapun metode pengambilan data yakni telesurvey dengan margin of error 5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Adapun untuk Pilgub Jateng sesuai survei ARCHI Research and Strategy, Kepala LKPP RI yang merupakan mantan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi memiliki elektabilitas tertinggi. Pria yang akrab disapa Hendi tersebut unggul jauh dari nama - nama lain yang mulai bermunculan hingga bulan Maret 2024.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut