get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan di Pelintasan Anjasmoro Semarang, Pasutri Tertabrak KA Sembrani, 1 Orang Tewas

KAI Daop 4 Semarang Kerahkan 2.802 Personel Amankan Mudik Lebaran, 57 Petugas Jaga Jalur Rel

Jum'at, 05 April 2024 | 11:30 WIB
header img
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2024 di halaman Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Jumat (5/4). (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2024 di halaman Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Jumat (5/4). Apel dipimpin oleh Kepala Daop 4 Semarang KAI Daniel Johannes Hutabarat.

Apel Gelar Pasukan ini menandai hari pertama dilaksanakannya periode posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api. KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 selama 22 hari yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau dari Minggu 31 Mei s.d Minggu 21 April 2024, dan masa Posko Angkutan Lebaran selama 12 hari yaitu H-5 s.d H+5 Lebaran atau dari Jumat 5 April s.d Selasa 16 April 2024. 

KAI Daop 4 Semarang menyiagakan sebanyak 2.802 personel dalam melayani masa Angkutan Lebaran. Seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran.

KAI Daop 4 Semarang juga menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS) diantaranya bantalan rel, batu balas, karung pasir, rel, gerbong balas hingga Kendaraan Perawatan Jalan Rel (KPJR) di seluruh wilayah operasi guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terutama di 24 titik daerah pantauan khsusus wilayah Daop 4 Semarang seperti di daerah berpotensi banjir, tanah longsor, tubuh baan labil dan kontruksi jembatan KA rawan.

Selain itu, KAI Daop 4 Semarang juga menambah total 57 personel di sepanjang jalur rel yang terdiri dari petugas pemeriksa jalur (PPJ) ekstra sejumlah 8 personel, petugas jaga lintasan (PJL) ekstra 19 personel, dan penjaga daerah rawan (PDR) ekstra sebanyak 30 personel, ditambah petugas Flying Gank sebanyak 205 personel yang siap siaga 24 jam untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA.

Sebagai upaya untuk menjamin keamanan penumpang di stasiun maupun di atas KA, KAI Daop 4 Semarang mengerahkan petugas keamanan sebanyak total 360 personel yang terdiri dari 51 personel bantuan keamanan eksternal (TNI dan Polri) dan 209 personel internal (116 Polsuska dan 193 security). Selain itu, pengamanan di stasiun juga akan diperkuat dengan adanya K9 atau anjing pelacak yang akan beroperasi di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dan Semarang Poncol.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut