get app
inews
Aa Read Next : Ciptakan Pemilu Damai, Pemprov Jateng Konsolidasikan Parpol Peserta Pemilu

Qodari Prediksi Partai Politik Majukan Hendi di Jateng, Tapi Ada Tokoh Titik Temu

Minggu, 07 April 2024 | 19:58 WIB
header img
Pengamat politik dan peneliti Indonesia, Muhammad Qodari. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pengamat politik dan peneliti Indonesia, Muhammad Qodari memprediksi partai politik akan memajukan mantan Walikota Semarang yang saat ini menjabat Kepala LKPP RI, Hendrar Prihadi (Hendi) untuk berkontestasi di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024.

Dalam podcast di channel youtube Panangian Simanungkalit yang diunggah pada tanggal 5 Maret 2024, Qodari pun menyebut kemungkinan akan munculnya sosok yang menjadi titik temu ke partai politik selain PDI Perjuangan. Hal ini mengingat PDI Perjuangan sebagai partai politik yang menaungi Hendi akan mengantisipasi potensi dikeroyok oleh koalisi partai di Pilgub Jateng.

"Jawa Tengah! Nah ini menarik. Balik lagi kalau kita lihat dari partai politik ya, bukan mustahil memajukan Hendi, yang sekarang menjadi Kepala apa itu? barang dan jasa apa itu namanya, yang sebelumnya adalah Walikota Semarang," tutur Qodari pada Panangian Simanungkalit sebagai host dalam podcast yang diunggah (5/3/2024).

Di sisi lain, Qodari mengatakan bisa saja PDI Perjuangan akan dijadikan musuh bersama di Jawa Tengah, sehingga partai politik lain akan melakukan komunikasi untuk berkoalisi. Untuk itu Qodari berpendapat bahwa salah satu nama yang dapat menjadi titik temu adalah Kukrit Suryo Wicaksono yang pada pilpres lalu menjadi Ketua TKD Prabowo - Gibran Jawa Tengah.

"Mungkin salah satu yang potensial menjadi titik temu adalah Mas Kukrit, ketua TKD 02 untuk Jawa Tengah. Beliau seorang pengusaha yang pergaulannya banyak, yang lalu di luar PDI Perjuangan kemungkinan bisa kumpul di dia. Apalagi dalam proses kampanye 02 kemarin dia berinteraksi dengan semua partai politik," terang Qodari.

Lebih lanjut, Qodari juga membuka kemungkinan lain bahwa bisa juga PDI Perjuangan akan kembali membangun koalisi abang-ijo, dimana kali ini dengan PKB. "Di luar PDI Perjuangan selama ini sih nomor 2 nya PKB, bisa jadi juga PKB gabung PDI jadi koalisi abang ijo," tambah Qodari.

Adapun bagi masyarakat di Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono sendiri dikenal memiliki kedekatan khusus dengan Kepala LKPP RI, Hendrar Prihadi (Hendi). Kukrit dan Hendi kerap berada dalam kepengurusan yang sama dalam sejumlah organisasi di Jawa Tengah seperti HIPMI hingga KADIN. Bahkan saat Kukrit menjadi ketua HIPMI Jawa Tengah pada tahun 2005, nama Hendi pun tercatat sebagai sekretaris umum dalam kepengurusan organisasi tersebut.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut