get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

Jumlah Wisatawan di Semarang saat Libur Lebaran Tertinggi se-Jateng, Kota Lama Favorit

Selasa, 16 April 2024 | 10:53 WIB
header img
Pengunjung sedang bersantai menikmati suasana Kota Lama Semarang dengan latar GPIB Immanuel atau lebih dikenal Gereja Blenduk.. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Jumlah wisatawan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengalami peningkatan signifikan selama libur Lebaran 2024. Lonjakan wisatawan tersebut tertinggi di Jateng dengan angka mencapai 340 persen.
 
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebut Little Netherlands Kota Lama menduduki peringkat pertama sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

"Kunjungan di Kota Semarang meningkat 350.000 wisatawan. Sebanyak 200 lebih wisatawan datang ke Kota Lama," kata Mbak Ita, sapaan akrabnya, seusai menggelar halalbihalal di Halaman Balai Kota Semarang, Selasa (16/4/2024).

Data tersebut mengacu pada hasil penghitungan random sampling yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng.

Setelah Little Netherlands Kota Lama, posisi kedua disusul oleh Lawang Sewu di tingkat Kota Semarang. Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut berdampak pada melonjaknya okupansi hotel di Ibu Kota Jateng. Keterisian hotel tersebut juga di atas rata-rata Jateng.

"Okupansi hotel juga meningkat rata-rata sampai 85 persen sebelum Lebaran, sementara pada 11 April dan 12 April, dan liburan mencapai 95 persen," kata Mbak Ita.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso menambahkan, jumlah wisatawan yang tercatat tersebut hanya di destinasi-destinasi wisata besar.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut