SEMARANG, iNewsSemarang.id – Data Pemkot Semarang mencatat ada sekitar 30.000 UMKM Semarang terdaftar yang jumlahnya didominasi oleh pelaku usaha skala kecil.
Untuk itu, Tokopedia dan TikTok lewat Shop Tokopedia mengadakan pelatihan dan workshop untuk UMKM Semarang di Gedung Moch. Ichsan Lantai 8 Dinkop UKM Kota Semarang, Rabu (8/5). Tujuannya, agar para UMKM Semarang dan sekitar bisa memaksimalkan peluang besar dari bisnis online.
Kegiatan pelatihan dan workshop untuk UMKM Semarang bertajuk 'Upgrade Skill bersama Tokopedia dan TikTok: Selalu Untung Lewat Digital' dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, R. Wing Wiyarso Poespojoedho, S.Sos, M.Si dan Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
“Kami selalu mengapresiasi deretan inisiatif, termasuk dari Tokopedia dan TikTok, yang dapat membantu para pelaku UMKM meningkatkan keterampilan untuk membuat produk yang berkualitas,” kata Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, R. Wing Wiyarso Poespojoedho.
“Sehingga bisa memperluas jangkauan pasar dan kemitraan usaha mikro dengan banyak stakeholder. Para pelaku UMKM harus melek teknologi, mengingat platform digital memiliki peran yang penting terhadap keberlangsungan sebuah usaha,” katanya.
Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan menyebutkan, saat ini ada sekitar 21 juta penjual di Tokopedia dan Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok, termasuk dari Semarang dan Jawa Tengah.
Editor : Ahmad Antoni