get app
inews
Aa Read Next : Demo May Day di Semarang Ricuh, Buruh dan Mahasiswa Bentrok dengan Polisi

Ratusan Mahasiswa Unnes Demo Protes Iuran IPI dan Kenaikan UKT, Begini Respons Kampus

Kamis, 09 Mei 2024 | 08:15 WIB
header img
Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar unjuk rasa di Rektorat, kampus Gunungpati, Selasa (7/5) siang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar unjuk rasa di Rektorat, kampus Sekaran Gunungpati. Mereka protes atas tingginya biaya pendidikan yakni kenaikan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) bagi mahasiswa baru dan mengeluhkan tingginya kenaikan UKT.

Dalam aksinya, mahasiswa yang mengenakan almamater kuning membawa sejumlah spanduk dan poster tuntutan atas kenaikan harga IPI dan UKT yang berbanding terbalik dengan fasilitas yang didapatkan oleh mahasiswa.

Massa aksi sempat memaksa masuk ke dalam gedung rektorat yang dihadang oleh petugas keamanan. Aksi saling dorong pun terjadi antara mahasiswa dan petugas keamanan.

“Jadi sebenarnya, kita demo karena gagalnya PTN-BH tidak bisa menjamin keutuhan pendidikan bagi warga negara, tidak bisa menjadi penjamin bahwasannya pendidikan adalah hak setiap warga negara, tidak bisa menjamin bahwasannya pendidikan itu adalah kunci utama dibalik meningkatnya SDM bangsa, “ kata Menteri Keagamaan BEM KM Unnes 2024, Marcellus Diaz,

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut