get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HUT Dekranas dan HKG PKK di Solo, Kota Semarang Raih Juara Siaga Kebakaran Lingkungan

Mukernas Hisfarsi, Kadinkes Jateng: Apoteker dan Dokter Harus Kompak Terutama Urusan Pasien

Kamis, 09 Mei 2024 | 06:37 WIB
header img
Pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (Hisfarsi) di Kota Semarang, Rabu (8/5). (foto A.Antoni)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Sebanyak 2.300 peserta mengikuti Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (Hisfarsi) di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu hingga Jumat (8-10/5/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yunita Diyah Suminar secara resmi membuka Mukernas Hisfarsi di Hotel Padma Semarang, Rabu (8/5/2024). 

Seminar bertajuk digitalisasi kesehatan merupakan salah satu isu di dalam bidang kesehatan yang bertujuan untuk memaksimalkan, menyederhanakan dan mempermudah akses pelayanan kesehatan selaras dengan mengusung tema “Hospital Pharmacy Practice Transformation through Digitalization, Specialization, and Interprofessional Collaboration”.

Kepala Dinkes Provinsi Jateng Yunita Diyah Suminar mengatakan bahwa apoteker merupakan profesi yang harus menjaga kompetensi. "Apoteker harus berkolaborasi dengan profesi lain, khususnya dokter," katanya.

Menurutnya, apoteker dan dokter harus kompak, terutama jika berkaitan dengan urusan pasien. Apoteker harus berperan dalam "medication error', yakni dengan mengingatkan profesi yang lain. "Ada hal-hal yang masih harus diperbaiki, khususnya berkaitan dengan komunikasi," ujarnya.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) Noffendri Roestam, rencana pembukaan program studi (prodi) apoteker spesialis di perguruan tinggi tinggal menunggu terbit nomenklatur dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Tahapannya tinggal selangkah lagi, tinggal menunggu surat keputusan tentang nomenklatur prodi apoteker spesialis nuklir," ujar Noffendri.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut