get app
inews
Aa Read Next : BEP Resmi Daftar Sebagai Bakal Calon Wali Kota Semarang Melalui PPP

Diskusi Kebangsaan Jelang Pilkada, Agus Fathuddin Minta Masyarakat Cerdas Pilih Calon Pemimpin

Jum'at, 10 Mei 2024 | 08:41 WIB
header img
Agus Fathuddin Yusuf saat menjadi pembicara dalam diskusi kebangsaan di Hotel UTC Semarang. (iNews / Mualim)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Para Sahabat Kota Semarang mengadakan diskusi kebangsaan di tingkat kota dengan tema "Temu Ilmiah dalam Mencari Pemimpin Kota Semarang yang Paling Hebat Bisa Ngewongke Wong," yang dihadiri oleh pembicara H. Agus Fathuddin Yusuf, M.A., Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang bertempat di Hotel UTC, Jalan Kelud Raya, Kota Semarang, Kamis (9/5/2024).

Diskusi ini merupakan langkah awal menyongsong pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

Dalam presentasinya, Agus mendorong masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang calon pemimpin, dengan meneliti rekam jejak dan program yang ditawarkan demi kepentingan bersama. Tujuannya adalah memastikan bahwa Pilkada tidak hanya sekadar pemilihan pemimpin, tetapi juga langkah menuju perbaikan kota.

Agus menekankan bahwa pelaksanaan Pilkada adalah momen penting dalam menjalankan demokrasi di Semarang. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk memastikan bahwa proses Pilkada berjalan lancar, adil, dan jujur.

Pilkada memberikan kesempatan kepada rakyat untuk memilih pemimpin yang akan memimpin pemerintahan selama lima tahun ke depan. Selain itu, Pilkada juga memiliki dampak yang besar terhadap pembangunan daerah.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, seorang pemimpin yang terpilih melalui Pilkada memiliki peran sentral dalam menentukan arah pembangunan. 

Oleh karena itu, baik sebagai penyelenggara maupun pengawas Pilkada, serta sebagai warga yang cerdas dan bertanggung jawab, penting untuk memahami betapa krusialnya Pilkada dan peran masing-masing pihak dalam proses tersebut.

"Saya kira lewat para jurnalis ini kita juga mengedukasi masyarakat memberikan informasi sejelas-jelasnya, seluas-luasnya tahapan-tahapan pilkadanya sampai dimana, kemudian nanti yang ambil formulir siapa dan nanti pada akhirnya mengembalikan formulir sampai pada tahap-tahap terakhir. Itu baru saya kira akan mulai jelas, saya kira saat ini semuanya masih cek ombak," kata Agus Fathuddin.

Ketika ditanya terkait sosok calon Wali Kota yang akan memimpin kota Semarang lima tahun kedepan, Agus menyatakan bahwa masyarakat saat ini sudah cerdas dalam menentukan kriteria pemimpin yang layak memimpin masa depan kota Semarang. Mereka mampu secara bijak menilai rekam jejak calon pemimpin yang diusung.

"Dalam konteks Semarang, kriteria pemimpin yang diinginkan adalah yang bisa 'ngayomi, ngayemi, ngopeni, ngangeni'. Namun, kita juga memiliki kriteria berdasarkan fatwa MUI, seperti Siddiq, Amanah, tablig, Fatonah," ungkapnya.

Agus memperkirakan bahwa pilkada Kota Semarang tahun ini akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Namun, ia menekankan bahwa hal ini masih dalam tahap penjajakan dan belum bisa dipastikan secara keseluruhan.

"Kemungkinan hanya ada tiga pasangan calon. Misalnya, dari tiga pasangan yang saya sebutkan, seperti bu Ita, pak Iswar, dan pak Arnaz. Kita tunggu saja," tandasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut