get app
inews
Aa Read Next : Kepala BPSDM Kumham: Keilmuan harus Berdampingan dengan Pembudayaan

13 Sekolah Kedinasan Cocok untuk Siswa Jurusan IPS, Cek Syarat Pendaftaran dan Seleksinya

Selasa, 14 Mei 2024 | 10:45 WIB
header img
Aktivitas pendidikan sekolah kedinasan. (ilustrasi/IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Ada 13 Sekolah Kedinasan yang cocok untuk siswa jurusan IPS. Sejumlah sekolah kedinasan telah membuka pendaftaran bagi siswa jurusan IPS di SMA, MA, atau yang sederajat pada penerimaan mahasiswa, taruna, dan praja baru tahun 2024 yang dijadwalkan pada bulan Mei. 

13 Sekolah Kedinasan yang Cocok untuk Siswa Jurusan IPS

1. STMKG 

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) membuka pendaftaran taruna baru untuk lulusan atau calon lulusan SMA, MA, SMK, atau yang sederajat untuk semua jurusan. Perlu digarisbawahi, peserta akan menjalani Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) STMKG untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris. Seleksi lainnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKB), Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Wawancara. 

2. Poltekip dan Poltekim 

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Poltekim (Poltekim) membuka pendaftaran taruna baru dengan syarat pendidikan SLTA/sederajat. Kedua sekolah kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ini juga tidak menerapkan syarat nilai minimal bagi calon peserta, seperti dikutip dari Pengumuman Nomor SEK.KP.02.04-185. Seleksi calon taruna (catar) Kemenkumham tahun ini terdiri dari seleksi administrasi, SKD, dan seleksi lanjutan berupa psikotes, kesehatan, kesamaptaan, serta wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan (WPFK). 

3. Politeknik Statistika STIS 

Sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) ini membuka pendaftaran mahasiswa baru bagi siswa kelas 12 atau lulusan SMA, MA, dan SMK/MAK bidang keahlian Teknologi Informasi. Politeknik Statistika STIS mensyaratkan nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80 dari skala 1-100 atau 3,20 dari skala 1-4 di ijazah/nilai rapor semester gasal kelas 12. Seleksi Politeknik Statistika STIS 2023 terdiri dari Seleksi Administrasi, SKD, Seleksi Matematika, Psikotes, dan Seleksi Kesehatan dan Kebugaran.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut