get app
inews
Aa Read Next : Hendi Lapor Jokowi Soal Pemilu

Survei Pilgub Jateng Mei 2024, Elektabilitas Hendi Tetap Kokoh di Puncak

Kamis, 16 Mei 2024 | 20:51 WIB
header img
Survei Pilgub Jateng Mei 2024. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Lembaga Survei Indeks Data Nasional (IDN) merilis hasil survei terbaru untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) tahun 2024. Nama Ketua LKPP RI Hendrar Prihadi (Hendi) masih kokoh di puncak elektabilitas. 

Direktur Eksekutif Indeks Data Nasional (IDN) Syifak Muhammad Yus mengungkapkan bahwa survei dilaksanakan pada periode tanggal 5-12 Mei 2024. 

"Survei ini kami lakukan dengan 800 responden dan Margin of error 3.46% pada tingkat kepercayaan 95% terhadap segmen wong cilik dan anak muda di Jateng," kata Syifak, saat merilis hasil survei tersebut di Kantornya, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Secara khusus, IDN sendiri dalam hasil surveinya menyebutkan jika perhatian calon kepala daerah terhadap wong cilik dan anak muda akan mempengaruhi peta politik dalam Pilkada Jawa Tengah. Syifak mengatakan sifat wong cilik dalam menentukan pilihan yang tertinggi adalah merakyat sebanyak 15,2%, kemudian berpengalaman sebanyak 13,4%, taat beragama sebanyak 11,8% dan memiliki kecerdasan 10,2%.

"Sedangkan pertimbangan wong cilik dalam menentukan pilihan yang tertinggi dilihat dari sosok calon gubernur sebanyak 21,5%, latar belakang agama 14,7 %, dan latar belakang profesi 12,3%," ungkap Syifak.

Sedangkan untuk kalangan anak muda, lanjut Syifak sifat kepemimpinan yang harus dimiliki gubernur adalah jujur dan bisa dipercaya sebanyak 17%, merakyat 13%, dan pintar atau cerdas sebanyak 9%. "Untuk pertimbangan dalam menentukan dikalangan anak muda karena sosok gubernur sebanyak 52,6%, latar belakang agama sebanyak 11,6%, dan latar belakang profesi sebanyak 5,9%," tambahnya.  

Adapun untuk tokoh potensial sebagai Gubernur Jawa Tengah merujuk rilis hasil survei IDN pada segmentasi wong cilik, Hendrar Prihadi (Hendi) masih menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Dalam survei top of mind (pertanyaan terbuka), mantan Walikota Semarang yang saat ini menjadi Kepala LKPP RI tersebut masih unggul jauh dibanding nama-nama lain. Hasil survei terbaru ini pun sejalan dengan survei pada bulan - bulan sebelumnya yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei, di anatarnya ARCHI, MIPOS, dan LKPI.

Dalam survei Top Of Mind Gubernur Jawa Tengah oleh IDN, Hendrar Prihadi (Hendi) berada di peringkat pertama dengan tingkat elektabilitas 17,8%. Hendi yang selama ini masih bungkam dalam merespon kontestasi Pilgub Jateng 2024 jauh meninggalkan nama - nama lain yang sudah giat melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Sebut saja Sudaryono yang hanya mampu meraup elektabilitas 11,5% hingga Mei 2024. Selain itu nama - nama lain yang muncul antara lain adalah Taj Yasin Maimoen 10,5%, Dico Ganinduto 10,2%, Bambang Wuryanto 8,6%, Yusuf Chudlori 17,9%, Kapolda Jateng Ahmad Luthfi 7,9%, Casytha Arriwi Kathmandu 3,7%, Sudirman Said 1,3%, dan sebesar 20,68% menyatana belum menentukan pilihan hingga tidak menjawab.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut