get app
inews
Aa Read Next : Viral Jemaah Haji Bawa Foto Mayor Teddy Berdoa agar Berjodoh, Banjir Kritik Netizen

Kisah Muhammad bin Wasi', Ulama yang Rajin Melaksanakan Ibadah Haji 30 Kali

Minggu, 19 Mei 2024 | 10:46 WIB
header img
ibadah haji bagi umat Islam (Foto: IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Ada kisah seorang ulama bernama Muhammad bin Wasi' yang rajin melaksanakan ibadah haji ke Baitullah. Bahkan diriwayatkan telah menunaikan ibadah hajinya sebanyak 30 kali.

Suatu ketika, di kala dirinya berada di Arafah sedang wukuf di hajinya yang ke 30, Muhammad bin Wasi' memandang semua umat manusia yang sedang melaksanakan wukuf di Arafah memohon, bermunajat kepada Allah Ta'ala, meneteskan air mata mengharapkan ridha Allah Ta'ala. 

Semuanya memohon kepada Allah dengan penuh penghayatan di dalam hatinya. Maka ketika melihat keagungan tersebut, ulama ini pun memanjatkan doa kepada Allah Ta'ala. 

"Ya Rabb, sesungguhnya aku telah melaksanakan haji sebanyak 30 kali, maka ketahuilah ya Rabb bahwa haji yang pertama untuk menggugurkan haji Islamku, haji yang kedua aku hadiahkan pahalanya untuk orang tuaku, dan haji yang ketiga aku hadiahkan buat ibuku ya Allah. 

Dan sisanya yang 27 kali lagi haji aku hadiahkan untuk orang yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji dan hajinya tidak engkau terima". Muhammad bin Wasi' memohon kemudian tertidur saat wukuf di Arafah. 

Ketika saat wukuf di Arafah dia seakan-akan mendengar seruan dari Allah Ta'ala, seakan-akan berbunyi mengatakan "Ya Muhammad Ibnul Wasi', apakah engkau ingin menunjukkan sok dermawan di hadapan-ku Tuhan yang Maha Dermawan. Apakah engkau seakan-akan menunjukkan makhluk yang paling pengasih di hadapan Allah Ta'ala yang Maha Pengasih. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut