get app
inews
Aa Read Next : Momen Jokowi Ajak Jan Ethes dan La Lembah Manah Menaiki Candi Borobudur

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Cocok untuk Mengisi Libur Waisak Selain Candi Borobudur

Kamis, 23 Mei 2024 | 05:49 WIB
header img
Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang. (foto Instagram @dadungz)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Rekomendasi 8 tempat wisata cocok untuk mengisi libur selain Candi Borobudur yang bisa Anda kunjungi. Hari Raya Waisak 2568 BE jatuh pada hari ini, Kamis, 23 Mei 2024. 

Hal itu berarti bertepatan dengan momen libur panjang atau long weekend yang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk pergi berlibur bersama keluarga.

Nah jika Anda yang merayakan Waisak, tak ada salahnya turut memanfaatkan libur long weekend ini untuk mengenal berbagai destinasi wisata yang berhubungan dengan ajaran agama Buddha, seperti Candi Borobudur yang memang sudah mendunia.

Terdapat banyak destinasi wisata bagi umat Buddha di Indonesia, namun juga dapat dinikmati keindahannya oleh masyarakat umum. Termasuk dalam rangka merayakan Hari Raya Waisak yang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa destinasi wisata di bumi Nusantara.

Rekomendasi 8 tempat wisata cocok untuk mengisi libur hari Waisak selain Candi Borobudur

1. Candi Mendut, Magelang


Selain Candi Borobudur, Candi Mendut menjadi salah satu candi yang menjadi pusat rangkaian perayaan Hari Raya Waisak Nasional. Lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang sekitar 4,5 km dari Candi Borobudur. Mengutip laman Kemenparekraf, puncak perayaan Waisak di Candi Mendut berupa kirab yang dilakukan umat Buddha dengan berjalan kaki menuju ke Candi Borobudur.

2. Brahma Vihara Arama, Buleleng


(foto Instagram @brahmavihararama)


Ini merupakan vihara tempat beribadat umat Buddha di Bali. Bahkan jumlahnya pun cukup banyak, lho. Salah satunya ada Brahma Vihara Arama yang letaknya di Desa Banjar Tegeha, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Mengutip Blibli, bangunan yang berdiri pada 1970 ini ialah vihara terbesar di Pulau Dewata, dengan luas mencapai 4 hektare. Di tengah kolam teratai terdapat patung Buddha berukuran besar, Pagoda Dhammasala untuk berdoa dan Uposathagara yang isinya ukiran lahirnya Sang Buddha, pohon Bodhi hingga replika Candi Borobudur. Menarik bukan?

3. Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto


(Foto: Instagram/@yogiwhom)


Salah satu destinasi wisata unik dan menarik untuk merayakan Hari Raya Waisak adalah Maha Vihara Mojopahit. Vihara yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur ini memiliki 'Patung Buddha Tidur' terbesar ketiga di Asia Tenggara, dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Patung raksasa tersebut menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama, dan dibangun menghadap ke arah Selatan (kiblat umat Buddha). Patung Buddha Tidur tersebut makin terlihat mewah dengan lapisan cat kuning keemasan. Patung ini makin sakral karena terdapat relief perjalanan Buddha dalam mengajarkan dharma, dan mengenai hukum sebab-akibat (karma).

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut