get app
inews
Aa Read Next : Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu! Ini 8 Faktor yang Mempengaruhi Penentuan UKT di PTN

Kenaikan UKT 2024 Dibatalkan: Undip dan Unnes Sepakat, UNS Tunggu Keputusan Final

Selasa, 28 Mei 2024 | 14:31 WIB
header img
Undip dan Unnes menindaklanjuti pembatalan kenaikan UKT, sedangkan UNS menunggu keputusan final.(Foto: iNews.id)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) menindaklanjuti pembatalan kenaikan UKT 2024 yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. 

Rektor Undip Suharnomo mengatakan, Uang Kuliah Tunggal (UKT) 2024 yang berlaku di Undip akan tetap sama dengan biaya kuliah yang berlaku di tahun 2023.

"Undip tahun 2024 ini tidak menaikkan UKT (tetap sama dengan Tahun 2023)," demikian Suharnomo menjelaskan, melalui siaran pers, dikutip dari laman Undip, Selasa (28/5/2024).

Dia menjelaskan, tidak hanya UKT, Undip juga tidak menaikkan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI) 2024 yang berlaku di jalur seleksi mandiri. "Undip juga berkomitmen untnuk tidak menaikkan SPI/IPI di Tahun 2024 (sama dengan SPI di Tahun 2023)," jelasnya. 

Dia mengatakan, pembatalan kenaikan UKT dan IPI ini dilakukan setelah mendengar suara mahasiswa, mencermati aspirasi publik, dan empati terhadap masyarakat yang masih diliputi mendungnya dunia usaha atau ekonomi.

"Demikian pengumuman ini dibuat, semoga menjadi kontribusi kecil dari UNDIP untuk mimpi besar akan keterjangkauan pendidikan yang berkualitas bagi sebagian besar anak bangsa," ujarnya. 

Rektor Undip menuturkan, dalam satu hingga dua hari akan ada regulasi terbaru mengenai biaya kuliah di Undip setelah pengumuman pembatalan kenaikan UKT dan IPI ini dilakukan. 

Sementara, Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono M.Si mengatakan setelah mencermati aspirasi dari berbagai pihak dan berdasarkan koordinasi dengan Kemendikbudristek mengenai dinamika UKT, maka Unnes mengumumkan bahwa tahun 2024 tidak memberlakukan kenaikan UKTdan IPI.

“Sebagai perguruan tinggi yang taat azas, Unnes berkomitmen mewujudkan pendidikan berkualitas dan terjangkau sebagai ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Prof Martono.

Dia menyampaikan, aturan teknis sebagai konsekuensi dari hal tersebut akan segera diumumkan melalui media resmi Unnes.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut