get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sunan Kudus Tunjuk Raja Pajang yang Sempat Ditentang Para Bupati

Kisah Raden Pabelan Terima Tantangan Ayahnya untuk Meniduri Putri Cantik Raja Pajang

Minggu, 09 Juni 2024 | 16:29 WIB
header img
Potret Putri Raja Pajang Putri Sekar Kedaton. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.idKisah Raden Pabelan, adik ipar Panembahan Senopati penguasa Mataram menerima tantangan ayahnya untuk meniduri anak Raja Pajang, sungguh mengejutkan. 

Ketika itu Pajang masih penguasa wilayah Mataram, misi Panembahan Senopati menunjukkan pembangkangannya ke Sultan Hadiwijaya.

Raden Pabelan sendiri akhirnya diantar oleh ayahnya Tumenggung Mayang, yang menikah dengan adik kandung dari Panembahan Senopati. Di hari yang ditentukan Raden Pabelan masuk ke dalam keputren di istana Kerajaan Pajang

Memang Putri Sekar Kedaton, anak dari Sultan Hadiwijaya tidak pernah keluar dari keputren. Hal ini membuat Tumenggung Mayang, turut membantu anaknya menerima tantangannya, meniduri putri cantik Raja Pajang.

Dikutip dari "Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II", untuk masuk ke dalam keraton ini, Raden Pabelan disuruh melompati tembok benteng. 

Tumenggung Mayang lalu mengunci secara mistis agar putranya itu tidak bisa lagi keluar dari kaputren. Hal ini karena Tumenggung Mayang memang berharap supaya putranya itu diganyang oleh pengawal Keraton. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut