get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Terkini Jalan Pantura Demak-Kudus Rusak Parah akibat Banjir

Kisah Sunan Kudus Tunjuk Raja Pajang yang Sempat Ditentang Para Bupati

Jum'at, 05 April 2024 | 05:37 WIB
header img
Sunan Kudus (Dok)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Perebutan kekuasaan muncul sepeninggal Sultan Hadiwijaya penguasa Pajang. Imbasnya, musyawarah yang dilakukan untuk menentukan siapa raja Pajang selanjutnya tidak membuahkan hasil. 

Sultan Hadiwijaya memang memiliki sejumlah putra-putri, yang memiliki kesempatan bertahta di Pajang. Putra-putri Sultan Hadiwijaya ini antara lain dinikahkan dengan Panji Wiryakrama Surabaya, Raden Pratanu Madura, dan Arya Pamalad Tuban. Adapun putri yang paling tua dinikahkan dengan Arya Pangiri, Bupati Demak.

Arya Pangiri sendiri sebenarnya adalah anak raja Demak Sunan Prawoto, yang seharusnya memang Arya Pangiri, selaku penerus garis suksesi Sultan Demak terdahulu. 

Selain itu, Sultan Hadiwijaya juga mempunyai seorang putra bernama Raden Benawa, sebagaimana dikutip dari "Tuah Bumi Mataram : Dari Panembahan Senopati hingga Amangkurat II".

Sunan Kudus turut dilibatkan dalam musyawarah yang berujung perdebatan, perihal penentuan tahta Pajang itu. Sunan Kudus mengusulkan agar Arya Pangiri, menantu Sultan Hadiwijaya yang menjadi bupati Demak, sebagai raja Pajang berikutnya. Sunan Kudus menganggap, Pangeran Benawa dijadikan Adipati Jipang, wilayah kekuasaan Pajang.

Pendapat Sunan Kudus ini berseberangan dengan para bupati. Para bupati mengusulkan bahwa agar Pangeran Benawa yang menjadi raja Pajang berikutnya, karena ia putra laki-laki Kanjeng Sultan satu-satunya. Karenanya, tahta Pajang itu memang berhak diwarisi dirinya, bukan oleh Arya Pangiri yang hanya seorang anak menantu.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut