get app
inews
Aa Read Next : Keren, Rekor Literasi Bela Negara Serentak Pelajar Terbanyak Tercipta di Perbatasan RI-RDTL

Wow, Ini Sapi Termahal di Dunia Seharga Rp65 Miliar

Senin, 17 Juni 2024 | 12:46 WIB
header img
Seorang peternak memperlihatkan sapi Viatina-19 di sebuah peternakan di Uberaba, Negara Bagian Minas Gerais, Brasil. FOTO/AP


UBERABA, iNewsSemarang.id – Sapi termahal di dunia ternyata ada di Brasil. Harganya USD4 juta atau setara Rp65 miliar, Viatina-19 FIV Mara Movéis dinobatkan sebagai sapi termahal menurut Guinness World Records

Harga tersebut tiga kali lipat lebih mahal dari harga pemegang rekor sebelumnya dengan bobot 1.100 kilogram dua kali lebih berat daripada sapi dewasa pada umumnya. 

"Ia sapi yang hampir sempurna. Ia punya semua ciri-ciri yang diidamkan semua pemilik sapi," ujar Lorrany Martins, dokter hewan setempat dilansir dari AP, Senin (17/6/2024).

Industri peternakan merupakan sumber utama pembangunan ekonomi Brasil dan pemerintah berusaha keras untuk menaklukkan pasar ekspor baru. 

Viatina-19 merupakan hasil dari upaya untuk membesarkan sapi yang lebih gemuk. Sapi-sapi andalan di negara ini di lelang dengan harga sangat tinggi. 

Para peternak kaya mengekstrak sel telur dan air mani dari hewan juara, membuat embrio dan menanamkannya pada sapi pengganti yang mereka harapkan akan menghasilkan spesimen luar biasa berikutnya. 

"Kami tidak menyembelih sapi-sapi elit. Kami mengembangbiakkan mereka. Dan pada akhirnya, akan memberi makan seluruh dunia," kata Ney Pereira, salah satu pemilik Viatina-19.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut