get app
inews
Aa Read Next : 5 Miliarder Terkaya di Asia 2024, Orang Indonesia di Urutan ke-3

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2024, Nomor 3 dan 4 Dua Bersaudara

Selasa, 18 Juni 2024 | 15:07 WIB
header img
Daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2024 menarik untuk diulas. Para Miliarder ini mempunyai berbagai jenis bisnis, mulai dari petrokimia, pertambangan, perbankan, hingga properti.Foto ilustrasi/iNews.id

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2024 menarik untuk diulas. Para Miliarder ini mempunyai berbagai jenis bisnis, mulai dari petrokimia, pertambangan, perbankan, hingga properti.

Prajogo Pangestu menempati posisi puncak sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan Rp898 triliun. Di bawahnya ditempati oleh raja batu bara Indonesia, Low Tuck Kwong yang hartanya tembus Rp386 triliun.

Data kekayaan miliarder ini diambil dari real time billionaires Forbes. Adapun, total kekayaan para orang terkaya di Indonesia ini didapatkan dari hasil pergerakan nilai saham perusahaan publik setelah pasar saham dibuka. 

Orang Terkaya di Indonesia 2024

1. Prajogo Pangestu
Prajogo Pangestu menempati posisi orang terkaya di Indonesia sejak November 2023. Kekayaan bersihnya mencapai 54,6 miliar dolar AS atau setara Rp898,77 triliun.

Putra seorang pedagang karet ini memulai bisnis perkayuan pada akhir 1970-an. Perusahaannya, Barito Pacific Timber, go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada tahun 2007. 

Pada tahun yang sama, Barito Pacific mengakuisisi 70 persen perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Setelah perusahaan pertambangan batubaranya Petrindo Jaya Kreasi go public pada Maret 2023, Prajogo mencatatkan saham perusahaan energi terbarukan, Barito Renewables Energy, enam bulan kemudian pada Oktober 2023.

2. Low Tuck Kwong
Low Tuck Kwong merupakan pemilik perusahaan tambang PT Bayan Resources Tbk. Konglomerat yang dijuluki raja batu bara Indonesia ini memiliki kekayaan bersih 23,5 miliar dolar AS atau setara Rp386,83 triliun.
Tak hanya Bayan Resources, Low Tuck Kwong diketahui memiliki perusahaan energi terbarukan Singapura, Metis Energy. Selain itu, dia memiliki peran di The Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voksel Electric.
Low Tuck Kwong juga terlibat di SEAX Global yang membangun sistem kabel bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

3. Robert Budi Hartono 
Robert Budi Hartono memiliki kekayaan bersih 22,7 miliar dolar AS atau setara Rp373,66 triliun. Robert bersama kakaknya, Michael Bambang Hartono mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari PT Bank Central Asia Tbk atau BCA. Keluarga Hartono membeli saham BCA, setelah keluarga Salim kehilangan kendali atas bank tersebut selama krisis ekonomi Asia tahun 1997-1998.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut