get app
inews
Aa Read Next : Suhu Udara Kota Semarang Semakin Panas, Kurangi Aktivitas di Jam Ini!

Sebagian Wilayah Jawa Tengah Masuk Musim Kemarau, Hujan Masih Mengintai

Senin, 24 Juni 2024 | 08:59 WIB
header img
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sejumlah wilayah Indonesia masuk musim kemarau di penghujung bulan Juni 2024. (ilustrasi)

BMKG mengatakan wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah (50-150 mm/dasarian) berada di sebagian kecil Sumbar bagian selatan, sebagian kecil Jabar bagian barat, sebagian kecil Kaltim bagian barat, sebagian kecil Sulawesi, sebagian besar Maluku bagian tengah, sebagian Papbar bagian barat, sebagian kecil Papua bagian barat.

Wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi sebagian besar Sumatra, sebagian besar Banten dan Jabar, sebagian kecil Jateng dan Jatim, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Malut dan sebagian kecil Maluku, sebagian Papbar dan Papua.

BMKG memberikan analisis bahwa pada tengah Juni 2024 ini masih ada 4 provinsi di wilayah Indonesia yang diprediksi memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi. 

“Untuk Dasarian II Juni 2024, wilayah yang diprediksi memiliki potensi banjir dengan kategori Tinggi, meliputi Provinsi Sulawesi Tengah (Kabupaten Banggai), Maluku (Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat), Papua Barat (Kabupaten Maybrat, Sorong, Sorong Selatan), dan Papua (Kabupaten Nabire),” ujarnya. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut