get app
inews
Aa Read Next : Tragis! 2 Bocah Semarang Tewas Tenggelam saat Mancing di Waduk Jatibarang

Kisah perjuangan 6 ABK KM Soneta Bertahan Hidup saat Terombang-ambing 3 Hari 3 Malam di Laut

Minggu, 14 Juli 2024 | 11:17 WIB
header img
Para ABK KM Soneta selamat saat kapal nelayan tenggelam di perairan Karimunjawa. (Dok Basarnas)

Saat KM. Bintang Barokah melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tegal, pukul 13.00 WIB mereka mendapatkan informasi bahwa Kapal Jaring asal Indramayu telah menemukan tiga orang ABK terapung di laut.

Mendapatkan informasi tersebut, KM. Bintang Barokah putar balik menuju ke kapal perikanan asal Indramayu untuk menjemput 3 ABK yang selamat tersebut. 

Melalui radio juga KM. Bintang Barokah mendapatkan informasi jika ada salah satu ABK KM Soneta, Sutadi, sudah diselamatkan kapal penangkap cumi asal Jakarta, sehingga diketahui ABK yang selamat berjumlah 10 orang. 

Saat sudah sandar dan usai dimintai keterangannya oleh personel Polirud Polres Tegal Kota, 7 ABK KM. Soneta berbobot GT.30 tersebut dibawa ke RS. Mitra Siaga dan 2 (dua) ABK lainnya dibawa ke RSI. Harapan Anda Tegal guna pengecekan medis. 

Sebelumnya diberitakan, KM Soneta ternyata mengalami kebocoran pada lunas kapal pada bagian bawah mesin tempat baling-baling kapal berada. 

Informasi ini didapatkan dari kesaksian ABK KM. Soneta, Nur Nawawi dan Sunardi yang berhasil diselamatkan oleh kapal Nelayan asal Tegal, KM. Bintang Barokah. 

Menurut keterangan dari Budiono, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, KM. Bintang Barokah yang membawa sebanyak 9 ABK KM. Soneta telah sandar pada sabtu (14/7) dinihari pukul 00.05 WIB di pelabuhan Tegal. 

"Kami mendapatkan informasi dari Polairud Polres Tegal Kota bahwa dinihari tadi KM. Bintang Barokah yang membawa 9 ABK KM. Soneta telah sandar dan dari personil Polairud kami mendapatkan informasi bahwa kapal tenggelam karena mengalami kebocoran. Saat kejadian juga ombak sedang besar setinggi 2,5 meter dengan angin kencang dan arus deras,” ujarnya. 

"Berdasarkan data dan informasi dari Polairud Polres Tegal Kota yang kami dapatkan, ke sembilan ABK yg diselamatkan oleh KM. Bintang Barokah adalah Nur Nawawi (31), Sunardi (47), Sarju (35), Kolil (57), Dirman (44), Afandi (27), Sulaiman (24), Sulaimin (18), dan Khamim (63), serta Sutadi yang masih di laut diatas kapal cumi. Sedangkan yang masih kami cari ada 6 ABK lainnya yakni Muntari, Tamuri, Salam, Jaidi, Samani dan Damuri"tambah Budiono. 


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut