get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Undip Nyalakan 1.000 Lilin, Bentuk Keprihatinan atas Kematian Dokter Aulia Risma 

KKN di Bendo Sragen, Mahasiswa Undip Edukasi Petani Pembuatan Biochar dari Limbah Pertanian

Senin, 12 Agustus 2024 | 09:00 WIB
header img
Mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2023/2024 ditempatkan di Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Foto/Undip.

"Kami sangat berterima kasih atas inisiatif mahasiswa KKN Undip. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para petani di desa kami. Semoga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya. 

Biochar, arang hayati yang dihasilkan dari pembakaran biomassa dalam kondisi sedikit atau tanpa oksigen, memiliki banyak manfaat bagi pertanian. Bahan ini dapat meningkatkan kualitas tanah, menyimpan karbon, dan meningkatkan produktivitas tanaman. 

Melihat potensi limbah pertanian seperti sekam dan jerami yang melimpah di Desa Bendo, mahasiswa KKN menginisiasi program kerja ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi para petani. 

Dalam pelatihan ini, para peserta diberikan materi mengenai proses pembuatan biochar, mulai jenis limbah pertanian yang bisa digunakan, proses aktivasi arang dan pemberian nutrisi (imobilisasi), hingga pemanfaatan biochar dalam pertanian. 

Selain memberikan teori, mahasiswa KKN Tim II Undip 2023/2024, juga melakukan demonstrasi pembuatan biochar secara langsung yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta yang hadir dan dilanjutkan dengan edukasi mengenai pemilihan badan usaha yang cocok untuk pembuatan usaha biochar aktif guna meningkatkan perekonomian bagi para petani di Desa Bendo.


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut