get app
inews
Aa Read Next : Siap Implementasikan Program Makan Siang Bergizi, Mbak Ita Libatkan Generasi Muda

Uji Coba Makan Siang Bergizi, Pemkot Semarang Berdayakan Hasil Urban Farming

Rabu, 14 Agustus 2024 | 19:05 WIB
header img
Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana untuk melaksanakan uji coba program makan siang bergizi pada Kamis (15/8) di SD Negeri Ngaliyan 01 sekaligus melaunching program 'STROBERI". (Foto: Dok)

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa melalui pemberdayaan hasil urban farming ini tidak hanya meningkatkan kualitas gizi anak, tetapi juga menghemat anggaran.

"Yang jelas ini fresh, petik langsung dimasak dan disajikan. Kita juga bisa lebih hemat dibandingkan membeli bahan makanan di pasar atau menggunakan jasa katering," imbuhnya.

Edufarm Park yang diresmikan oleh Wali Kota Semarang pada April 2023 sejatinya merupakan lahan sempit di area kantor Kecamatan Ngaliyan sebagai wahana edukasi urban farming. Dengan melakukan pertanian terintegrasi, selama ini warga Ngaliyan dikenalkan dengan berbagai teknik budidaya pertanian baik tabulampot, hidroponik sayuran, budidamber lele, budidaya jamur hingga peternakan ayam perkotaan.  

Melalui integrasi dengan Program STROBERI, diharapkan dapat menjadi model yang ke depan bisa direplikasi di seluruh wilayah Kota Semarang. Ini juga sebagai persiapan Kota Semarang untuk peluncuran program nasional makan siang bergizi oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Oktober 2024 mendatang.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut