get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2024: Indonesia Ungguli Israel

Nama-nama Rudal Rusia dan Spesifikasinya yang Bikin Ukraina Gemetaran

Selasa, 01 Maret 2022 | 19:51 WIB
header img
Pemandangan di langit Kiev, Ukraina, saat dihujani rudal canggih milik Rusia. (Foto : tangkapan layar BBC)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Sejak memulai serangan ke Ukraina, sejumlah rudal-rudal canggih milik Rusia yang memiliki kemampuan untuk memporak-porandakan bangunan telah banyak diluncurkan ke beberapa wilayah di Ukraina.

Dari kapal perangnya di Laut Hitam, Rusia diketahui menggunakan rudal jelajah Kalibr untuk menyerang kota-kota di Ukraina. Selain itu, para analis meyakini jika Rusia juga menggunakan rudal jenis lain setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan nuklirnya siaga tinggi.

Analis dari Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) Timothy Wright mengatakan, Rusia kemungkinan besar menggunakan SRBM Iskander-M. Rudal ini pertama kali digunakan dalam pertempuran di Georgia pada 2008. 

Hal ini juga diungkapkan seorang pejabat Ukraina. Dia menyebut rudal Iskander diluncurkan dari Belarusia menghantam bandara di Zhytomyr, sebelah utara Ukraina pada Minggu.

Iskander dirancang untuk mengacaukan sistem pertahanan udara dengan terbang pada lintasan rendah dan bermanuver untuk menyerang target sejauh 500 kilometer dengan akurasi 2-5 meter.

Selain itu ada juga bukti Rusia menggunakan rudal OTR-21 Tochka yang sebelumnya diyakini telah dipensiunkan. 

"Jika ini disimpan, Rusia mungkin memutuskan untuk menggunakannya, daripada membuangnya," kata Wright, dikutip dari Reuters, Selasa (1/3/2022).

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) menyebut, Rusia diyakini sudah menghujani Ukraina dengan 320 rudal lebih sejak memulai serangan pada Kamis pekan lalu sampai Minggu.

Berikut spesifikasi rudal yang digunakan Rusia menginvasi Ukraina:

1. Rudal Kalibr 3M14

Rudal Kalibr 3M14 juga digunakan Rusia untuk menyerang ISIS di Suriah pada 2015. Rudal jelajah tersebut memiliki daya jangkau 1.500 hingga 2.000 km dan menjadi rudal andalan militer Rusia. 

Kalibr 3M14 atau SS-N-30A dibuat dengan daya ledak tinggi dengan bobot hulu ledak 450 kilogram serta bisa membawa hulu ledak nuklir. 

Rudal canggih ini menggunakan turbojet sebagai tenaga penggerak. Kalibr 3M14 biasa ditembakkan dari laut. 

Pemerintah dan pihak militer Rusia menganggap bahwa Kalibr 3M14 serbaguna. Hal itu dipandang dari kemampuan rudal yang bisa ditembakkan secara vertikal umum dari segala jenis kapal perang. Bahkan, bisa ditembakkan dari dalam kapal selam. Kecepatan yang rudal ini saat meluncur bisa mencapai 965 kilometer per jam.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut