get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Mahasiswa Demo di Kampung Halaman Jokowi, Sempat Duduki Kantor DPRD

649 Mahasiswa dari 64 Perguruan Tinggi se-Indonesia Ikuti Gemastik XVII di Unnes

Senin, 23 September 2024 | 16:55 WIB
header img
649 mahasiswa dari 64 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Gemastik XVII (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) tahun 2024.(Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Sebanyak 649 mahasiswa dari 64 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Gemastik XVII (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) tahun 2024.

Ajang bergengsi yang berlangsung pada 22-26 September 2024 di kampus Unnes ini terdapat sebelas divisi lomba yang dikompetisikan dengan karakteristik yang beragam.

Kesebelah divisi dalam Gemastik XVII yakni Divisi 1 Pemrograman; Divisi 2 Keamanan Siber; Divisi 3 Penambangan Data; Divisi 4 Desain Pengalaman Pengguna; Divisi 5 Animasi; Divisi 6 Kota Cerdas; Divisi 7 Karya Tulis Ilmiah TIK; Divisi 8 Pengembangan Perangkat Lunak; Divisi 9 Perangkat Cerdas, Sistem Benam, & IoT; Divisi 10 Pengembangan Aplikasi Permainan; dan Divisi 11 Bisnis TIK.

“Gemastik XVII diikuti oleh 20 tim finalis dari setiap divisi, sehingga terdapat total 220 tim dengan 649 mahasiswa yang akan berlaga di ajang Final Gemastik XVII,” kata Ketua panitia Gemastik XVII, Zaenal Abidin saat pembukaan Gemastik XVII di Auditorium Unnes, Senin (23/9).

“649 mahasiswa tersebut berasal dari 64 perguruan tinggi di Indonesia, seperti Unnes, UI, UGM, ITB, Universitas Telkom, Binus University, UMJ, Unissula, Unsoed, dan lainnya,” sebutnya.

Gemastik XVII menjadi kompetisi yang selalu dinanti, menciptakan antusiasme tinggi di kalangan mahasiswa dan akademisi. Dihadiri oleh talenta-talenta digital terbaik, acara ini berperan penting dalam mencetak generasi inovatif di bidang teknologi informasi dan komunikasi. 

Diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Gemastik bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menghasilkan karya-karya digital yang inovatif sebagai solusi dari berbagai permasalahan bangsa.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut