get app
inews
Aa Read Next : Investasikan Rp888 Miliar, Group ALBA Dirikan Pabrik Daur Ulang Sampah di Kendal

Di Kawasan Industri Kendal, Menko Luhut Resmikan Pabrik Baterai Lithium Terbesar di Dunia

Selasa, 08 Oktober 2024 | 14:57 WIB
header img
Menko Luhut saat meresmikan PT LBM Energi Baru Indonesia di Kawasan Industri Kendal.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan PT LBM Energi Baru Indonesia di Kawasan Industri Kendal yang berstatus Kawasan Ekonomi Khusus. Perusahaan yang diresmikan ini merupakan sebuah produsen katoda Lithium Iron Phosphate (LFP) terbesar di dunia, di luar China.

Dimulainya rencana ekspansi fasilitas produksi bahan katoda LFP ini dilakukan oleh PT LBM Energi Baru Indonesia, merupakan wujud rencana kemitraan investasi strategis antara konsorsium Indonesia Investment Authority (INA) dan   Liyuan New Energy TechnologChangzhouy Co., Ltd. (Changzhou Liyuan), salah satu produsen dan pemasok LFP terbesar di dunia. 

Investasi ini, lanjutnya, diharapkan akan berperan penting dalam memenuhi permintaan global terhadap baterai LFP, yang didorong oleh semakin meningkatnya penetrasi kendaraan listrik (EV) di seluruh dunia.

“Sebagaimana sering disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia tidak boleh lagi hanya menjadi eksportir bahan mentah. Kita harus menciptakan nilai tambah di negeri sendiri, membangun industri hilir yang kuat, dan menempatkan diri sebagai pemain kunci dalam rantai pasok global. Hilirisasi bukan hanya kata-kata, tetapi strategi besar untuk mempercepat kemajuan Indonesia, terutama di sektor yang akan mendominasi masa depan: ekosistem kendaraan listrik, Electric Vehicle (EV),” tutur Menko Luhut, Selasa (8/10/2024).

Kata Luhut, investasi bersama yang direncanakan sebesar ~ USD 200 juta bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dari 30.000 ton pada fase I, yakni yang saat ini sedang dalam pelaksanaan produksi percontohan, menjadi 90.000 ton pada fase II, yang diharapkan akan dimulai pada tahun 2025.

Dijelaskan, LFP adalah salah satu dari dua bahan kimia utama dalam baterai litium-ion, di samping Nickel Cobalt Manganese (NCM). Dikenal akan efektivitas biayanya, LFP sangat cocok untuk EV dan sistem penyimpanan energi. Berdasarkan studi Bain tentang Ekosistem Baterai EV1, permintaan baterai global diperkirakan akan tumbuh sekitar empat kali lipat antara tahun 2023 dan 2030, yang didorong oleh meningkatnya adopsi EV, memposisikan LFP untuk memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan tersebut. 

Pada tahun 2030, NCM diproyeksikan akan mewakili sekitar 50% dari permintaan baterai litium-ion, sementara LFP diperkirakan akan menyumbang sekitar 35%, dimana keduanya diperkirakan akan tetap menjadi pusat pertumbuhan industri baterai di masa depan.

Kemitraan strategis ini berfokus pada bahan katoda LFP yang mewakili nilai tambah tertinggi dalam rantai nilai baterai, sehingga memungkinkan fasilitas ini untuk memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh pasar yang berkembang tersebut. 

Pada tahun 2030, Indonesia diperkirakan akan melayani pasar senilai sekitar USD 10 miliar dalam bahan aktif katoda LFP, sehingga dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi transisi global menuju energi bersih. Investasi ini juga merupakan bukti daya tarik Indonesia sebagai negara untuk hilirisasi rantai pasok.

“Ini bukan sekadar pabrik, tetapi juga fondasi dari ekosistem EV Indonesia yang terintegrasi. Melalui penyempurnaan rantai produksi baterai lithium, tidak kurang dari 3 juta unit kendaraan listrik di seluruh dunia akan dipenuhi kebutuhan baterai lithiumnya oleh industri di Indonesia,” jelas Menko Luhut.

Ketua Dewan Direktur INA, Ridha Wirakusumah, menyatakan, pertumbuhan pesat dalam permintaan LFP, didorong oleh peralihan global menuju EV dan energi terbarukan, menghadirkan peluang besar bagi Indonesia. 

"Seiring dengan munculnya LFP sebagai salah satu bahan kimia utama dalam teknologi baterai, kami percaya bahwa inisiatif ini dapat turut memposisikan Indonesia sebagai pemain penting dalam ekosistem baterai global. Dengan membangun kemampuan produksi yang kuat, Indonesia semakin siap untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat atas bahan katoda LFP di masa depan," ujarnya.

“Keahlian operasional yang luas serta rekam jejak solid dari konsorsium INA dan Changzhou Liyuan merupakan faktor kunci yang memperkuat inisiatif ini, dan membawa potensi besar untuk meningkatkan peran Indonesia dalam rantai pasok baterai global. Kemitraan ini dapat terwujud berkat dukungan kuat dari Pemerintah Indonesia, yang telah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan industri baterai. INA tetap berkomitmen untuk menarik produsen baterai kelas dunia ke Indonesia, memastikan bahwa negara kita siap untuk memanfaatkan nilai signifikan di tengah pasar yang terus berkembang ini," imbuh dia.

CEO Changzhou Liyuan, Shi Junfeng, menyatakan, PT LBM Energi Baru Indonesia adalah produsen katoda pertama di luar China. Menurutnya, pengoperasian tahap awal memiliki arti penting bagi peningkatan keamanan pasokan dari rantai pasok energi baru global. 

"Kerja sama ini merupakan pencapaian penting dari kerja sama strategis menyeluruh antara China dan Indonesia. Usulan investasi strategis di LBM New Energy (AP) Ptd. Ltd. juga sepenuhnya menunjukkan pandangan ke depan dan komitmen jangka panjang INA dalam industri energi baru global," katanya.

Proyek ini, lanjutnya, memungkinkan Changzhou Liyuan dan INA untuk mencapai kerja sama strategis yang lebih erat. "Ke depannya, Changzhou Liyuan akan memberikan kontribusi yang bermakna bagi pembangunan Indonesia dan industri energi baru global," ucapnya.

Dikatakan, Indonesia berada pada posisi yang tepat untuk mendukung transisi global menuju energi berkelanjutan, dengan memanfaatkan rantai nilai terintegrasi yang unik, mulai dari pemurnian hingga produksi EV. 

"Seiring dengan percepatan langkah Indonesia menuju perannya sebagai pemain penting di sektor EV, dengan proyeksi pertumbuhan tahunan sekitar 50% hingga tahun 2030, kemitraan ini menegaskan komitmen jangka panjang untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan mendorong solusi energi bersih. Konsorsium INA dan Changzhou Liyuan memiliki visi yang sama untuk memberikan kontribusi berarti bagi masa depan Indonesia, dengan menyelaraskan investasi strategis dengan tujuan yang lebih luas untuk pertumbuhan berkelanjutan," tandasnya.

Selain manfaat ekonominya yang jelas, kata dia, pabrik ini juga memberikan dampak signifikan bagi masyarakat setempat. 

"Dengan penciptaan lebih dari 2.000 lapangan kerja, 92% di antaranya diisi oleh tenaga kerja lokal, hal ini merupakan contoh nyata bagaimana investasi besar bisa berdampak langsung pada kesejahteraan rakyat," pungkasnya.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut