get app
inews
Aa Read Next : Gelar Sembiz, Pemkot Semarang Jemput Bola Gaet Investor

Sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang, Perjuangan Heroik Pemuda Usir Tentara Jepang

Senin, 14 Oktober 2024 | 07:38 WIB
header img
Dari kiri-kanan: Budanco Munadi (mantan Gubernur Jateng), Wongsonegoro (Wakil Residen Semarang), dan Jatikusumo. (foto: Istimewa)

Mereka berjuang bergerilya dari kampung ke kampung mencari jepang dan memenggal kepalanya sebagai upaya membalas dendam atas kebengisan mereka memenggali kepala pemuda yang ditangkapi Jepang. Kelompok Sayuto ini ada 20 orang dan yang masih hidup dan bisa ditemui bernama Huri Prasetyo (90). 

Samurai yang digunakan Sayuto untuk memenggal leher Jepang pun masih disimpan Huri. Sayuto mengawali aksi balas dendamnya dengan menyerbu LP Mlaten yang dikuasai Jepang. Tampaknya hanya 3 Jepang yang berjaga dan ditemui. mereka diseret ke Gedung Sobokarrti yang ada di seberang LP Mlaten. 

Ketiganya dipenggal lehernya oleh Sayuto dan darahnya diminum. Huri yang kini tinggal di Mijen Semarang mengungkapkan, Sayuto seperti kesetanan dan gelap mata. Darah yang mengucur diminumnya. 

Menurut Sayuto agar arwah ketiga Jepang tersebut tidak berani membayang-bayanginya. Usai menebasnya, jasad ketiga Jepang tersebut dikubur di halaman depan samping kanan. Di atas kuburan diberinya tanda pohon Kudha dan diberi pagar.

Tahun 1999, utusan dari Jepang membongkar dan menemukan kerangkanya untuk kemudian dikremasi dan abunya ditabur di Pantai Marina Semarang. Setelah itu didirikan Tugu Ketenangan Jiwa.


 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut