get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Tak Hadiri Pelantikan Prabowo, Ucapkan Selamat lewat Instagram: Mari Kita Bergandeng Tangan

Profil 4 Menteri-Wamen Kabinet Merah Putih Lulusan SMA Taruna Nusantara, Ada AHY hingga Sudaryono

Senin, 21 Oktober 2024 | 16:06 WIB
header img
Empat orang lulusan SMA Taruna Nusantara mengisi Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran periode 2024-2029. (IG SMA Taruna Nusantara)

Berikut Daftar Lulusan SMA Taruna Nusantara di Kabinet Merah Putih:

 

1. Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono
Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini masuk SMA Tarnus pada 1994. Di sekolah bergengsi ini, AHY termasuk siswa dengan prestasi menonjol. Dia bukan saja pernah menjadi ketua OSIS, namun juga lulus pada 1997 dengan predikat terbaik. AHY pun diganjar penghargaan Garuda Trisakti Tarunatama Emas.

Mengikuti jejak ayah dan kakeknya, cucu Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo ini memilih karier militer. Dari Tarnus, dia menceburkan diri ke Lembah Tidar sebagai Taruna Akmil. Prestasi mengagumkan kembali didapat. AHY lulus dengan status terbaik alias peraih adhi makayasa-tri sakti wiratama.

Namun karier militernya berakhir lebih cepat. Mantan ketua Kogasma Partai Demokrat ini pensiun dini dengan pangkat terakhir mayor karena terjun ke politik praktis. Awal mulanya sebagai cagub di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Perjalanan waktu akhirnya mengantar AHY sebagai ketua umum Partai Demokrat. Di Pilpres 2024, Demokrat satu barisan dengan Partai Gerindra mendukung Prabowo-Gibran. Kini di Kabinet Merah Putih, AHY didapuk sebagai menteri koordinator bidang infrastruktur dan pembangunan kewilayahan.

2. Menteri Luar Negeri Sugiono
Lahir di Takengon, Aceh pada 11 Februari 1979, Sugiono mengenyam pendidikan dasar di SDN Blang Kolak I pada 1985-1991, berlanjut ke SMPN 3 Banda Aceh (1991-1994). Setelah itu pilihannya jatuh ke SMA Taruna Nusantara untuk bangku pendidikan menengah dan menjadi siswa pada 1994-1997

Sugiono sejatinya ingin berkarier di militer sehingga berniat meneruskan pendidikan ke Akmil. Tapi saat itu itu Danjen Kopassus Prabowo Subianto memiliki program dengan menyekolahkan lulusan TN ke beberapa perguruan tinggi militer di AS. 

Sugiono pun turut menempuh studi ke Norwich Military Academy. Selesai belajar, dia kembali ke Indonesia untuk mengikuti sekolah calon perwira di Akmil Magelang. Pada 2002 dia dilantik sebagai perwira TNI AD dengan pangkat letnan dua dan ditempatkan di korps infanteri. Dia lalu menjadi prajurit Kopassus dengan pangkat letnan satu.

Sugiono kemudian terjun ke politik dengan bergabung ke Partai Gerindra. Dia sempat menjadi Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Partai Gerindra untuk periode 2020-2025. Selain itu, pada 2021-2024, dia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI.

Di Kabinet Merah Putih, Sugiono dipercaya menjabat menteri luar negeri. Untuk tugas-tugasnya itu, dia akan didampingi tiga wakil menteri yaitu Anis Matta (politikus Partai Gelora), Arrmantha Nasir (mantan dubes RI untuk PBB) dan Arif Havas Oegroseno (mantan dubes RI untuk Jerman).

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut