get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi 2024 hingga 13 Juli, Simak Syarat dan Ketentuannya!

BSI Salurkan Bantuan Fasilitas Kesehatan ke Pondok Pesantren di Jateng

Kamis, 24 Oktober 2024 | 09:06 WIB
header img
Penandatanganan kerjasama Pesantren sehat.(Dok)

 

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Bank Syariah Indonesia (BSI) menyalurkan bantuan fasilitas kesehatan untuk pondok pesantren di Jawa Tengah. Penyaluran bantuan ini dilakukan dalam kerjasama dengan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah saat meluncurkan program Pesantren Sehat yang bertempat di Pondok Pesantren As-Shodiqiyah, Semarang, Rabu (23/10/2024).

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan, peluncuran progam ini diselenggarakan sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kualitas kesehatan di lingkungan pesantren.

"Program Pesantren Sehat ini bertujuan untuk memberikan fasilitas kesehatan yang lebih baik bagi para santri dan pengelola pesantren. Selain itu, program ini juga fokus pada edukasi kesehatan, guna menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan pola hidup sehat di kalangan para santri," katanya.

Dikataian, kolaborasi antara BSI dan RMI PWNU Jawa Tengah mencerminkan sinergi antara lembaga keuangan syariah dengan organisasi keagamaan dalam mendukung kesejahteraan pesantren. 

Dia berharap program ini mampu meningkatkan kualitas hidup di pesantren, serta memberikan dampak positif bagi pendidikan kesehatan di lingkungan tersebut.

"Saya banyak diskusi dengan para kiai, ulama di Jawa Tengah. Salah satu yang menjadi permasalahan di pesantren adalah persoalan kesehatan santri," ujar.

Dia juga membeberkan bahwa sebelumnya progam ini memang sudah terlaksana di Jawa Barat dan Banten. Saat ini program diperluas dengan merambah ke Jawa Tengah, karna Jawa Tengah juga merupakan basis pesantren yang ada di Indonesia ini. 

Ketua RMI PWNU Jawa Tengah KH Ahmad Fadlullah Turmudzi dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi program yang telah di gagas oleh BSI. “Program ini  merupakan sinergitas antara Lembaga keuangan dengan Lembaga yang menaungi pesantren-pesantren di Jawa Tengah,” ucapnya.

Dijelaskan, dengan berbagai pertimbangan, tinjauan observasi dan masukan-masukan dari berbagai pihak, terpilihlah 2 pesantren yang ada di Jawa Tengah Pondok Pesantren Roudlatul Qur'an di Cilacap dan Pesantren Kholifatullah Singoludiro Sukoharjo. 

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut