get app
inews
Aa Read Next : Punya Masalah Jengger Ayam di 'Miss V'? Berikut Cara Menghilangkannya

Pengen Tau Warna Miss V yang Sehat?

Kamis, 10 Maret 2022 | 20:27 WIB
header img
Cara melihat warna Miss V yang sehat. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Bagi seorang wanita merawat organ intim sudah dianggap sebagai kebutuhan penting. Sehat dan tidaknya organ intim wanita, konon ada bisa dibedakan dengan jelas.

Tidak menimbulkan bau dan warnanya tidak menggelap sering kali dianggap sebagai bentuk Miss V yang sehat. Sejumlah pakar menyebut bahwa Miss V yang sehat warnyanya agak merah muda terang, cokelat kemerahan, hingga cokelat gelap kehitaman.

Perbedaan warna pada Miss V ini juga dipengaruhi dengan perubahan hormon. Harus diingat bahwa perubahan warna pada Miss V merupakan hal yang normal. 

Mengacu pada jurnal kesehatan tentang organ intim perempuan, ternyata di dalamnya mengandung ekosistem cairan (debit) dan bakteri yang seimbang. Untuk itu sangat penting menjaga PH vagina seimbang pada angka 4,5 agar tetap sehat. Apabila kombinasi cairan dan bakteri tidak seimbang maka membentuk keputihan yang memicu aroma kurang sedap. 

Memang sebagian besar bau pada Miss V itu alami dan normal, tetapi ada kalanya bau berlebih justru menandakan masalah. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh spesialis kandungan dan kesehatan reproduksi dari WebMD, dr. Heather Rupe, aroma ini bahkan bisa tercium dari jarak kira-kira 30 sentimeter jauhnya. 

Lantas apa bagaimana cara mengetahui warna Miss V yang sehat dan apa yang menyebabkan warna Miss V berubah? Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber, Kamis (10/3/2022): 

1. Kehamilan 

Perubahan kadar hormon estrogen dan lainnya juga terjadi ketika tengah hamil. Warna Miss V bisa berubah menjadi gelap atau menghitam, terutama pada bagian labia minora. Namun, ini masih masuk sebagai warna miss V yang sehat, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

2. Hubungan Seksual

Warna Miss V yang sehat juga bisa terlihat saat terangsang secara seksual. Biasanya area klitoris dan labia minora terlihat seperti berubah warna menjadi lebih gelap, merah tua bahkan hitam. Sebab, bagian tersebut tengah mendapat aliran darah yang deras sehingga darah berkumpul dan mengakibatkan efek bibir vagina hitam.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut